Wednesday, November 28, 2018

22 Jenis Pisang Di Indonesia Beserta Gambarnya

Jenis Pisang - Mungkin sudah tidak asing lagi bagi kalian bila medengar kata pisang. Pisang adalah jenis buah yang sering di konsumsi oleh masyarakat indonesia. Selain mudah didapatkan, ternyata manfaat vitamin dan karbohidratnya membuat buah ini digemari oleh banyak orang.

Kebanyaknya masyarakat Indonesia menggunakan buah pisang sebagai makanan penutup dan menelan obat saat sakit. Sebab buah pisang memiliki banyak manfaat salah satunya untuk kecerdasan anak jadi tidak heran jika banyak yang menginginkan buah ini.

Di Indonesia sendiri, buah pisang sangat beranekara ragam jenisnya dan hampir setiap daerah memiliki jenis pisangnya sendiri. Karena buah pisang sangat mudah tumbuh di daerah tropis baik di dataran rendah maupun dataran tinggi dengan iklim tropis basah, lembab dan panas seperti Indonesia ini.


Berikut Ini Jenis-jenis Pisang Yang Ada Di Indonesia Beserta Gambarnya

22 Jenis Pisang Di Indonesia Beserta Gambarnya

Untuk mengenal lebih jelas jenis-jenis pisang yang banyak tumbuh di Indonesia, berikut ini kami sajikan jenis-jenis pisang di indonesia beserta dengan gambarnya agar lebih mudah dalam membedakannya.

1. Pisang Ambon Lumut

Gambar pisang ambon lumut

Pisang ambon lumut memiliki bentuk lurus dengan panjang 15 hingga 17 cm dan berdiameter 42 mm dengan kulit yang cukup tebal. Pisang ambon memiliki keunikan tersendiri yaitu tetap berwarna hijau walaupun sudah matang. Namun bila sudah terlalu matang warnanya akan kekuning-kuningan bercak coklat.

Pisang ambon jenis ini bisa dikonsumsi secara langsung dan aromanya sangat harum dengan rasanya yang lezat. Akan tetapi, daging buah pisang ini berwarna putih dan ukuranya kecil.

2. Pisang Barangan

Gambar pisang barangan

Pisang barangan merupakan jenis pisang  dengan ciri-ciri buah yaitu berwarna kuning dan memilki bercak atau bintik-bintik hampir di seluruh kulitnya. Tekstur buah ini sangat lembut dan agak lembek tetapi rasanya sangat manis.

Jenis pisang ini merupakan jenis yang paling banyak ada di indonesia. Meskipun secara tampilan pisang ini ketika matang seperti sudah busuk dan terlihat kotor, tetapi bila dikonsumsi secara langsung memiliki banyak manfaat.

Salah satu manfaatnya yaitu bisa mencegah dan mengobati berbagai macam penyakit dalam tubuh dan juga merupakan makanan yang cocok untuk bayi.

3. Pisang Ambon Putih 

Gambar pisang ambon putih

Pisang ambon putih kalau di Filiphina disebut dengan pisang ambon namun di Thailand dan untuk Malaysia, kluai hom dok maid an pisang embun. Berbeda dengan jenis pisang ambon lumut, bentuk pisang jenis ini lebih besar dengan warna kulit putih kekuningan saat sudah matang.

Umumnya, pisang ini diberikan kepada bayi untuk makanan di awal pertumbuhan dan rasanya sedikit asam dengan aroma yang sangat harum.

4. Pisang Badak

Gambar pisang badak

Pisang jenis ini biasanya dijadikan makanan olahan seperti keripik,tepung dan roti ulang tahun. Ciri dari jenis pisang ini yaitu kulitnya berwarna hijau kekuningan jika telah matang dan jenis pisang ini tergolong berkulit tebal sekitar 0,3 cm.

Pisang ini juga sering disebut pisang maraseba. Dengan bentuk buahnya melengkung dengan ujung meruncing sementara daging buahnya manis, tidak berbiji, dan berwarna putih kekuningan.

Kemudian, ukuran buahnya termasuk kecil dengan berat rata-rata per buah 75 gram dan dalam satu pohon produksinya dapat mencapai 180 buah.

5. Pisang Ambon Kuning

Gambar pisang ambon kuning

Tanaman pisang ambon kuning ini pertama kali dikembangkan di daerah Malang, Jawa Timur. Pisang jenis ini kulitnya berwarna kuning keputihan. Keunggulannya yaitu terletak pada rasa buah yang manis dengan aromanya yang harum.

Panjang buahnya bisa mencapai antara 15 hingga 20 cm dan satu pohon dapat menghasilkan 7 sampai 10 sisir dengan jumlah buah antara 100 hingga 150 buah. Bentuk buahnya melengkung dengan pangkal meruncing dan daging buahnya berwarna putih kekuningan. Biasanya, buah pisang ini tidak mengandung biji.

6. Pisang Batu

Gambar pisang batu

Pisang batu atau lebih di kenal oleh masyarakat jawa dengan sebutan gedang klutuk ini memilki ukuran yang lebih besar dari beberapa jenis pisang lainnya. Pisang ini sangat jarang sekali di makan langsung oleh masyarakat karena rasanya yang hambar ketika di makan.

Namun pisang ini sering di jadikan olahan terlebh dahulu seperti di menjadi pisang goreng atau rebus. Selain itu, pisang ini memiliki beragam manfaat seperti halnya,sebagai menurunkan panas demam, sebagai obat maag,dan mengobati diare.

7. Pisang Awak

Gambar pisang awak

Pisang awak setiap tandannya terdapat hingga18 sisir dan setiap sisirnya bisa mencapai 11 buah. Panjang pisang ini sekitar 15 cm dengan diameter rata-rata 4 cm, saat masak buah ini akan berwarna putih kekuningan dengan berat rata-rata 67,5 gram.

Bagi ibu hamil yang nanti akan mempunyai  bayi sangat disarankan untuk memberikan pisang awak ini kepada balitanya. Sebab buah ini sangat bagus untuk perkembangan dan pertumbuhan balita.

8. Pisang Cavendish

Gambar pisang cavendish

Buah pisang Cavendish merupakan jenis pisang dengan komoditi ekspor terbesar di negara Philipina. Dengan ciri-ciri fisik buah ini memiliki panjang sekitar 15-22 cm dan diameter 3-4 cm.

Daging buah ini sangat lembut dengan rasanya yang manis dan aroma harum. Saat matang kulitnya akan terlihat berwarna kuning cerah.

Dalam satu tandan pada buah pisang Cavendish terdapat 14 hingga 20 sisir dengan tiap sisir berisi 16-20 buah. Buah ini dapat disimpan sampai 28 hari lamanya.

9. Pisang Kepok

Gambar pisang kepok

Pisang kapok berbentuk bersegi dan agak gepeng, karena bentuknya tersebut sebagian orang ada yang menyebutnya dengan sebutan pisang gepeng.

Buah pisang ini kecil dengan kulitnya yang tebal dan warnanya kunig kehijauan dan sebagian ada yang agak kecoklatan.

Pisang jenis ini memilki dua jenis, yaitu pisang kepok kuning dan putih. Perbedaannya yaitu hanya ada pada daging buahnya saja dan secara dari tampilan hampir sama,namun ketika di belah akan berbeda dimana kalau pisang kepok kuning warnya kuning.

10. Pisang Kluai Hong Thong

Gambar pisang kluai hong thong

Pisang kluai hong thong hingga kini masih terasa asing oleh orang Indonesia. Tetapi kabarnya, pisang jenis ini cukup lezat dan karakternya hampir sama dengan pisang cavendish.

Pisang kluai hong thong awalnya berasal dari Negara Thailand dan cukup populer di Negara tersebut. Secara fisik, pisang kluai hong thong dapat dikenali dari kulit buahnya yang agak tebal dan ketika matang akan berubah menjadi warna kuning. Sedangkan dari sisi aroma, pisang kluai hong thong yang matang dengan sempurna akan menyebarkan aroma harum.

Biasanya buah pisang kluai hong thong memiliki panjang i 15-22 cm, dengan diameter rata-rata 3-4 cm. Tiap tandan pisang jenis ini biasanya berisi 4-6 sisir buah saja dan berat tiap tandannya rata-rata 10-12 kilogram.

11. Pisang Kapas

Gambar pisang kapas

Jenis pisang ini sangat cocok untuk produk olahan. Karena bila dikonsumsi dalam bentuk buah segar, pisang kapas rasanya kurang lezat yaitu ketika buahnya sudah matang dengan sempurna, rasa dari buah ini masih terasa sepat dan kurang manis.

Ketika matang, warna kulit dari buah pisang kapas adalah kuning berbintik, denan warna daging buahnya putih kekuningan. Biasanya bobot tiap tandannya yaitu 17,5 kg, dan memiliki 7 sisir buah serta di setiap sisirnya ada 15 buah. Sementara panjangnya, sekitar 6 cm dengan kulit buah tergolong tebal.

12. Pisang Raja

Gambar pisang raja

Umumnya, pisang raja memiliki ciri-ciri buah yang melengkung sedikit agak keatas, lalu kulitnya tebal namun sedikit kasar. Jika sudah matang buah ini akan berwarna kuning kecoklatan, dengan aroma yang harum dan rasanya yang manis.

Selain itu, ciri lainnya dari jenis pisang ini yaitu memiliki ukuran yang tidak terlalu besar maupun kecil. Apabila belum masak atau matang maka pisang ini berwarna hijau dan kemudian akan berubah warna menjadi kuning keemasan ketika matang.

Biasanya olahan dari pisang banyak yang dijadikan keripik pisang atau pisang sale. Namun untuk pengolahan pisang ini yang digunakan adalah pisang yang belum matang atau yang masih berwana hijau.

13. Pisang Kidang

Gambar pisang kidang

Pisang ini biasanya juga disebut pisang merah dan sangat jarang sekali di jumpai. Yang membuat unik dari pisang kidang ini yaitu memilki warna merah hati atau agak ungu. Kemudian memilki 6 hingga 8 sisir tandan.

Sedangkan, kulit buahnya agak tebal dan warna dagingnya kuning keputihan atau lebih tepatnya crime. Rasa dagingnya manis keasaman namun ketika bertambah matang rasa asam akan semakin berkurang.

14. Pisang Raja Sereh

Gambar pisang raja sereh

Ciri fisik umumnya yang terdapat dari buah ini yaitu warna kuning kecoklatan namun jika sudah matang akan berbintik cokelat gelap. Selain itu, daging buahnya berwarna putih dengan tekstur lunak dan rasanya sedikit asam.

Walaupun buah pisang ini sedikit asam, ada banyak kandunganan nutrisi yang apabila kita konsumsi dapat menyehatkan tubuh.  Kandungan tersebut yaitu energi sebesar 110 kkal, protein 1,2 gr, karbohidrat 31,1 gr, lemak 0,2 gr, kalsium 7 mg dan fosfor 29 mg dan beberapa vitamin yaitu vitamin A, B10 dan C.

15. Pisang Lampung

Gambar pisang lampung

Pisang lampung hampir sama dengan pisang mas. Tetapi memiliki perbedaan, yaitu terletak pada ujung buahnya. Jika diperhatikan dengan baik ujung pisang lampung lebih lancip dibandingkan pisang mas.

Selain itu, setiap tandan pisang lampung terdiri antara 6 hingga 8 sisir dengan tiap sisir terdiri dari 18 sampai 20 buah. Jenis pisang ini bisa disajikan sebagai makanan pencuci mulut karena rasanya yang manis dan aroma yang sangat harum.

16. Pisang Raja Uli

Gambar pisang raja uli

Jenis pisang ini sangat lezat jika diolah menjadi berbagai macam makanan seperti pisang goreng, rebus, keripik, dan sebagainya. Rasa manis dan aroma harumnya membuatnya cukup diminati para pencinta pisang.

Pisang raja uli masuk dalam golongan kelompok pisang raja dan memiliki ciri khusus dari sisi tampilan fisik buahnya. Dimana, pisang raja uli memiliki kulit buah yang tipis dengan warna kuning agak merah serta pada bagian ujungnya tampak hijau. Sementara daging buahnya berwarna kuning agak merah dengan rasa yang manis.

Panjang buah pisang raja uli berkisar antara 15 hingga18 sentimeter dengan bobot sekitar 75 sampai 100 gram. Pada satu tandan pisang tersebut biasanya diisi oleh 5 sampai 8 sisir buah. Jadi satu pohon pisang raja uli rata-rata menghasilkan 100 hingga 160 buah.

17. Pisang Mas

Gambar pisang mas

Jenis pisang ini juga biasa di sebut pisang emas. Sesuai dengan warna pisang ini warnanya yang cantik yaitu kuning keemasan.

Bentuk pisang ini sangat mungil dan memilki rasa yang manis dan lembut saat di makan. Sedangakan manfaatnya, yaitu sangat baik untuk ibu hamil dan kesehatan tubuh.

Biasanya pisang ini juga diolah menjadi makanan seperti kue,keripik,dan minuman. Jadi jangan heran jika anda memakan berbagai olahan yang berasal dari pisang.

18. Pisang Raja Molo

Gambar pisang raja molo

Pisang raja molo memiliki ciri-ciri yaitu panjangnya sekitar 12 cm dengan diameter 2,4 cm dan beratnya 100 g. Umumnya setiap sisir dari pisang ini terdiri dari 10-13 buah dengan tiap buah berwarna kuning kemerahan dan  tanpa biji.

19. Pisang Nangka

Gambar pisang nangka

Pisang ini sangat digemari oleh masyarakat di Indonesia dan Malaysia. Meskipun sudah matang, jika kita lihat lebih cermat pisang ini memiiki tekstur buah yang tebal berwarna hijau. Namun jika sudah terlalu matang akan berubah warna menjadi kuning dan akan lembek jika disentuh.

Rasa pisang nangka yaitu manis dengan sedikit rasa asam dan aromanya yang sangat harum. Setiap sisirnya buah ini terdiri dari 14 hngga 24 buah. Pisang ini baru bisa dipanen saat berumur sekitar 138 hari dan setelah tumbuh bunga dari pokok yang ditandai dengan warnanya yang kuning.

Pisang nangka mengandung nutrisi yang baik untuk tubuh seperti protein, vitamin A, vitamin B6, vitamin C, niacin, riboflavin, mangan, serat, besi, magnesium, kalium, dan folat. Selain itu, biasanya pisang ini dikonsumsi dengan cara diolah menjadi bahan campuran kue atau olahan yang lain, bisa juga dikonsumsi secara langsung.

20. Pisang Tanduk

Gambar pisang tanduk

Pisang tanduk merupakan jenis pisang yang sangat popular, khusnya di Indonesia dan Malaysia. Di Indonesia sendiri, umumnya di wilayah Jawa Tengah yaitu Kudus,  orang-orang biasa menyebutnya dengan  sebutan Pisang Byar.

Pisang tanduk memiliki ukuran pohon yang sangat besar yaitu antara 2-3 meter dengan batang berwarna hijau dan merah yang sangat dominan. Untuk setiap kali berbuah, tandan pisangnya bisa mencapai ukuran 1 meter yang biasanya terdiri dari 8 hingga 13 sisir. Jika di total berat buah dalam satu tandan bisa mencapai  hingga 30 kg.

Sedangkan buahnya, berukuran sangat besar dan berwarna hijau ketika masih mentah kemudian berubah menjadi kuning ketika sudah matang dan bentuknya besar melengkung seperti bentuk tanduk. Daging buahnya berwarna putih, teksturnya lunak, dan rasanya sedikit manis keasaman.

Di Indonesia pisang ini jarang dimakan secara langsung dan biasanya sering diolah menjadi pisang goreng atau sebagai isi molen.

21. Pisang Susu

Gambar pisang susu

Jenis pisang ini mempunyai kulit buah yang kuning ketika matang dan juga pisang ini sering dikonsumsi secara langsung. Meskipun ukuran buahnya yang relatif kecil - kecil namun buah pisang jenis ini sangatlah manis rasanya.

Secara fisik pisng susu memilki kulit yang tipis dan terdapat bintik-bintik hitam,ketika di buka kulitnya akan terlihat daging yang berwarna putih kekuningan serta rasanya yang manis dan lembut.

Manfaat dari pisang ini yaitu baik untuk ibu hamil, pertumbuhan bayi serta mencegah rasa nyeri pada tubuh.

22. Pisang Tongkat Langit

Gambar pisang tongkat langit

Namanya sangat unik, pisang ini banyak berada di daerah Maluku. Hal yang unik dari buah pisang ini yaitu tandan buahnya yang menuju keatas dengan warna buahnya berwarna merah jingga.

Menurut orang Maluku, pisang ini baik dijadikan sebagai obat yang mujarab untuk penyakit kuning. Setiap sisir dari pisang ini memiliki berat 1,2 kg dan panjang setiap buahnya 20 cm dengan diameter rata-rata13 cm.

Bagaimana? Banyakkan jenis-jenis pisang yang ada di Indonesia dan hampir semua jenis pisang tersebut dapat dikonsumsi secara langsung.

Related Posts

22 Jenis Pisang Di Indonesia Beserta Gambarnya
4/ 5
Oleh