Sunday, December 2, 2018

Efek Samping Makan Buah Timun Suri

Efek samping timun suri - Timun suri atau nama lainnya mentimun suri, mentimum betik dan barteh merupakan tumbuhan musiman dari anggota suku labu-labuan. Biasanya di bulan Ramadan buah ini sering digunakan sebagai menu berbuka puasa karena sangat menyegarkan dan mampu melepas dahaga.

Jika dilihat-lihat, bentuk timun suri sangat mirip sekali seperti buah semangka atau labu. Namun, buah ini memiliki Nampak yang lebih panjang dan warnanya berwarna kuning. Tidak hanya itu saja, saat buahnya telah matang daging dari buah timun suri sangat lembut dan mudah sekali dicerna.



Banyak orang yang mengonsumsi buah ini bukan hanya untuk menitmatinya saja, melainkan juga karena nutrisi dan manfaat buah timun suri yang baik untuk kesehatan dan kecantikan. Salah satu manfaatnya yaitu sebagai sumber antioksidan.

Dilansir dari Mayo Clicic, bahwa timun suri mengandung beberapa zat antioksidan diantaranya yaitu vitamin C, beta karoten, flavonoid, triterpen dan lignin yang mempunyai sifat anti-inflamasi. Seperti yang telah diketahui, sifat anti-inflamasi yaitu kandungan yang mengurangi tanda-tanda atau gejala peradangan pada tubuh.

Bukan hanya itu saja, kandungan vitamin C yang ada pada buah timun suri juga terkenal akan manfaatnya untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh, dan beta karoten telah terbukti bermanfaat bagi penglihatan mata.

Namun, perlu diketahui bahwa mengonsumsi timun suri ternyata juga memiliki dampak buruk atau efek samping bagi kesehatan. Seperti halnya mengonsumsi timun suri setelah makan laukpauk dan nasi akan mengakibatkan fermentasi pada perut dan membuat nyeri pada perut.

Selain itu, bagi penderita diabetes perlu berhati-hati jika ingin mengonsumsi timun suri ini, karena buah ini mengadung gula yang termasuk jenis monosakarida. Gula dalam buah ini dapat menaikkan kadar gula darah dengan begitu cepat dan akan membahayakan bagi penderita diabetes.

Dampak buruk lainnya, jika anda mengonsumsi timun suri secara berlebihan yaitu akan menyebabkan terjadinya kebotakan. Dimana kebotakan adalah kondisi jumlah rambut yang rontok lebih banyak daripada rambut yang tumbuh. Tentu ini akan membuat anda kurang percaya diri saat tampil di depan umum.

Sebenarnya, anda dapat memanfaatkan buah timun suri sebagai minuman atau es buah untuk pelepas dahaga. Karena buah ini mampu mencukupi kebutuhan cairan dan energi harian anda. Tapi perlu diingat, mengonsumsi secara berlebih akan menimbulkan efek samping yang tidak diharapkan seperti yang telah dijelaskan sebelumnya.

Related Posts

Efek Samping Makan Buah Timun Suri
4/ 5
Oleh