Monday, November 26, 2018

Mengenal Buah Kenitu dan Manfaatnya

Mungkin bagi anda yang belum tahu tentang buah kenitu akan bertanya-tanya, apa itu buah kenitu? Apa manfaat dari buah kenitu? Dari mana asal buah kenitu? Dan lain sebagainya.

Buah kenitu adalah sebuatan buah dari keluarga sawo-sawoan (Sapotaceae) dari daerah jember dan sekitarnya. Sebenarnya di Indonesia sendiri, nama buah ini sangat beragam yaitu mulai dengan sawo duren , sawo apel, sawo ijo atau apel ijo (Jawa), sawo hejo (Sunda), sawo kadu (Banten) dan sawo manila (Lampung).

Awalnya  buah ini berasal dari Amerika Tengah dan Hindia Barat. Tetapi, karena rasanya yang lezat akhirnya buah ini menyebar ke berbagai daerah. Di Asia, khususnya Asia Tenggara buah ini sudah banyak tumbuh seperti di negara-negara  Malaysia, Thailand dan Philipina.

Mengenal Buah Kenitu dan Manfaatnya

Tinggi pohon kenitu cukup tinggi bisa mencapai 30 meter. Batangnya berkayu dengan warna cokelat yang dapat mengeluarkan getah pekat berwarna putih jika dilukai. Sementara daunnya tunggal dengan warna keemasan dibagian bawahnya, sedangkan bagian atasnya mempunyai warna hijau di permukaannya.

Bentuk buah ini bulat dengan diameter 5 hingga 10 cm, dengan kulit buah yang licin mengkilap, berwarna hijau muda ketika masih muda dan coklat keunguan atau hijau kekuningan ketika sudah tua atau matang.

Kulit buah ini sangat tebal dan mengandung getah berwarna putih yang lengket. Tekstur daging buahnya berwarna putih dan beberapa varian ada yang berwarna keunguan.

Buah kenitu merupakan buah musiman dan biasanya dijual dengan harga berkisar Rp. 10.000,- perikatnya. Berbicara tentang khasiat atau manfaatnya, buah ini ternyata memiliki kandungan nutrisi seperti  kaya akan serat, mineral dan vitamin-vitamin yang baik untuk kesehatan tubuh .

Masyarakat pada umunya menggunakan buah kenitu sebagai obat tradisional. Walaupun tidak ada penelitian yang telah mengkonfirmasi tentang penggunaan buah ini. Biji buahnya dikatakan berguna untuk mengurangi panas demam dan mengobati diare.

Beberapa orang juga makan buah ini untuk mengatasi peradangan yang terkait dengan radang radang paru-paru dan tenggorokan. Kegunaan lainnya, buah kenitu juga digunakan sebagai obat untuk abses gigi, hipertensi, masalah jantung, masalah usus dan kanker.

Related Posts

Mengenal Buah Kenitu dan Manfaatnya
4/ 5
Oleh