Tuesday, October 23, 2018

9 Manfaat Buah Anggur Untuk Kesehatan

Buah anggur atau nama ilmiahnya vitis vinifera L. merupakan bukan tanaman asli Indonesia. Tanaman ini berasal dari Timur Tengah, yaitu Mesopotamia (Irak). Penyebaran anggur pertama kali bukan dalam bentuk buah melainkan dalam bentuk minuman (wine).

Selain memiliki rasa yang enak untuk dimakan, buah anggur juga mempunyai kandungan gizi yang baik untuk kesehatan seperti karbohitdrat, mineral, vitamin dan senyawa fitokimia. Kemudian cara mengkonsumsi anggur lebih baik dibuat jus dibandingkan dimakan langsung karena dalam pembuatan jus, bagian biji, kulit dan daging buah anggur dihancurkan bersama sehingga kandungan gizinya tidak ada yang terbuang.
Manfaat buah anggur untuk kesehatan
Gambar buah anggur

Manfaat Buah Anggur Untuk Kesehatan

Berikut ini kami berikan rincian beberapa manfaat buah anggur untuk kesehatan tubuh anda.

1. Mencegah kanker payudara

Polifenol yang ada di buah anggur ternyata dapat memperlambat dan membantu masalah kanker. Karena kandungan ini mempunyai aktivis terapi seperti, antibakteri, antimutagenik dan antioksidan.

2. Mengatasi sembelit dan susah BAB

Buah anggur mempunyai kandungan asam organik dan selulosa yang dapat mengatasi sembelit dan susah BAB. Untuk itu, sebaiknya Anda segera mengkonsumsi buah anggur secara rutin setiap harinya.

3. Membantu menurunkan berat badan

Dalam buah anggur, terdapat senyawa antioksidan flavonoid yang selama ini diteliti mampu mengatasi masalah berat badan. 100 kalori setara dengan satu cup (125 gr) buah anggur, sehingga buah anggur dapat menjadi camilan yang menyehatkan bagi kamu yang menginginkan berat badannya ideal.

4. Menurunkan risiko diabetes

Resveratrol, salah satu senyawa polifenol yang terdapat pada buah anggur memiliki kemampuan untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Selain itu, resveratrol juga dikaitkan pada peningkatan regulasi gula darah dengan cara mempengaruhi proses metabolisme karbohidrat, sehingga buah anggur dapat menjadi obat alami yang baik untuk mengatur gula darah dalam tubuh.

5. Menjaga kesehatan otak 

Senyawa polifenol yang terdapat pada buah anggur mampu meningkatkan kognisi pada otak. Tak hanya itu saja, buah anggur juga mempunyai peran penting dalam mengurangi risiko oksidasi yang berbahaya, sehingga secara tidak langsung, buah anggur mampu menjaga kesehatan otak dan bahkan  meningkatkan kecerdasan otak.

6. Menjaga kesehatan kulit

Kandungan air pada buah anggur yang tinggi dapat berkhasiat menjaga kesehatan kulit pada diri Kita. Beberapa penelitian mengemukakan, bahwa buah anggur yang dikemas dengan senyawa fitonutrien mampu melindungi sel kulit dari efek radiasi sinar ultraviolet.

7. Melawan penuaan dini

Kandungan antioksidan pada anggur berfungsi untuk menangkap radikal bebas dalam tubuh. Radikal bebas biasanya berasal dari asap rokok, polusi udara, bahan kimia dari makanan atau produk perawatan kulit. Radikal bebas inilah yang akan membunuh dan merusak berbagai sel dalam tubuh. Akibatnya,  terjadi  penuaan dini pada tubuh. Gejalanya antara lain rambut beruban, kulit keriput atau tulang keropos.

8. Mengatasi penyakit Jantung

Ternyata anggur bisa mengobati penyakit jantung. Hal ini berdasarkan penelitian oleh seorang ilmuwan di Louisiana, Amerika Serikat mengungkapkan, bahwa antioksidan yang terkandung dalam anggur khususnya anggur merah dapat digunakan untuk mengobati penyakit jantung. Penemuan ini merupakan alternatif penyembuhan baru bagi mereka yang mengidap penyakit jantung, dimana yang awalnya menggunakan obat-obatan.

9. Manfaat buah anggur untuk menjaga kadar kolesterol

Manfaat buah anggur dipercaya mampu untuk menyeimbangkan kadar kolesterol berkat kandungan saponin. Zat ini dapat menangkap kelebihan kolesterol dalam tubuh sebelum diserap ke dalam darah. Akibatnya, kadar kolesterol dalam tubuh tetap seimbang. Kadar kolesterol seimbang bisa menjauhkan Anda dari penyakit seperti penyakit jantung dan obesitas.

Itulah beberapa manfaat buah anggur yang baik untuk kesehatan. Mengonsumsi buah anggur secara teratur dalam jumlah yang wajah akan memberikan manfaat yang maksimal untuk tubuh Anda. Semoga informasi manfaat buah anggur ini bermanfaat bagi Anda.

Related Posts

9 Manfaat Buah Anggur Untuk Kesehatan
4/ 5
Oleh