Wednesday, January 16, 2019

Bahaya dan Efek Samping Dari Makan Buah Sawo Terlalu Banyak

Bahaya Buah Sawo - Buah sawo merupakan buah tropis yang banyak digemari dan dibudidayakan oleh masyarakat Indonesia. Buah ini mempunyai warna yang coklat dengan tekstur dagingnya yang lembut. Meskipun ketika muda rasanya agak sepet dan pahit, ternyata buah yang satu ini mempunyai kandungan gizi yang baik untuk kesehatan.

Beberapa manfaat dan khasiatnya untuk kesehatan yaitu menjaga kesehatan tulang, baik untuk mata hingga mampu meningkatkan kejantanan pria. Tetapi, tahu tidak? Buah sawo bila dikonsumsi secara berlebian atau terlalu banyak tentu akan memberikan dampak buruk bagi kesehatan kita. 

Apa bahaya buah sawo?

Berikut ini adalah beberapa bahaya dan efek samping dari makan buah sawo terlalu banyak. Ayo Simak untuk mengetahuinya.

1. Berbahaya Bagi Penderita Diabetes

Bahaya buah sawo untuk penderita diabetes

Kandungan gula yang terdapat pada buah sawo matang dapat menyebabkan dampak negatif bagi penderita diabetes. Pasalnya, pendetita diabetes dilarang untuk makan buah yang mempunyai kadar gula yang tinggi, termasuk buah sawo ini.

Karena bila penderita diabetes mengonsumsi makanan yang mempunyai kandungan gula yang terlalu tinggi maka dapat berakibat fatal seperti menyebabkan penyakit jantung, kerusakan saraf, kebutaan hingga sampai dengan kematian

Baca Juga :  Mengenal Buah Abiu dan Manfaatnya Untuk Kesehatan

2. Ganguan Pencernaan

Sakit perut setelah makan sawo

Penyebab utama dari masalah pencernaan yaitu makan secara berlebihan. Padahal, pada umumnya isi perut manusia normalnya terdiri dari 1/3 bagian makanan, 1/3 bagian makanan, 1/3 bagian udara. Jadi, bila anda mengonsumsi buah sawo terlalu banyak tentu akan mengalami ganguan pencernaan.

3. Tidak Baik Untuk Anak Umur Dibawah 1 Tahun

Apakah sawo baik untuk bayi?

Anak-anak yang baru saja memulai makanan penunjang air susu ibu atau bisa disebut MPASI, sangat tidak disarankan untuk mengonsumsi buah-buahan yang manis, termasuk sawo matang. Hal ini dikarenakan dapat membuat sang anak hanya mau makan makanan yang manis-manis saja.

Akibatnya, anak akan sulit untuk mengonsumsi sayur-sayuran yang rasanya sedikit pahit dan hambar. Sebaiknya memperkenalkan buah-buahan yang lain seperti buah apel atau pir yang mana rasanya tidak terlalu manis.

4. Sakit Tenggorokan

Buah sawo untuk penderita asam lambung

Perlu anda ketahui, memang benar buah sawo kaya akan nutrisi dan baik untuk kesehatan. Tetapi, pada sawo mentah banyak terdapat banyak getah, dimana itu tidaklah baik bila dikonsumsi dengan porsi yang banyak. Salah satu bahayanya yaitu dapat menyebabkan anda mengalami sakit tenggorokan, masalah pernapasan dan bahkan ulkus (luka yang muncul pada dinding lambung).

Baca Juga :  Kandungan Gizi dan Manfaat Buah Sawo Untuk Kesehatan Tubuh

Itulah beberapa bahaya dan efek samping dari kebanyakan makan buah sawo. Jadi, bagi anda yang menyukai buah ini diharapkan untuk mengonsumsi dengan porsi yang wajar agar terhindar dari masalah kesehatan yang tidak diinginkan.

Related Posts

Bahaya dan Efek Samping Dari Makan Buah Sawo Terlalu Banyak
4/ 5
Oleh