Sunday, November 25, 2018

12 Manfaat Buah Matoa, Buah Asli Dari Papua

Tahukan buah matoa? Buah asli Indonesia khas papua, buah dengan bentuk unik ini berasal dari pohon Pometia pinnata. Pohonnya yang memiliki ketinggian 20-40 meter dengan diameter hingga mencapai 100 cm. Umumnya, pohon ini dalam setahun berbunga sekali dengan rentang waktu Juli hingga Oktober. Setelah itu, kira-kira dalam waktu empat bulan buah matoa mulai matang.

Buah matoa memiliki bentuk bulat kecil dengan warna hijau dan jika kulitnya dikupas, terlihat seperti kelengkeng. Namun, rasanya yang enak mirip dengan durian membuat buah ini banyak digemari banyak orang.

Terdapat dua jenis buah matoa, yaitu matoa kelapa dan matoa papeda. Perbedaannya terletak pada tekstur buahnya, matoa kelapa tekstur daging buahnya kenyal seperti rambutan aceh, sedangkan matoa papeda tekstur daging buahnya agak lembek dan lengket.

Meskipun harganya yang mahal, bisa mencapai  Rp 60.000,- per kg-nya. Ternyata, buah matoa memiliki segudang manfaat kebaikan untuk kesehatan. Kandungan nutrisinya seperti vitamin C, E dan mineral sangat diperlukan untuk tubuh.


Manfaat Buah Matoa Untuk Kesehatan Dan Kecantikan


Manfaat buah matoa

Berikut ini kami rangkum tentang beberapa khasiat atau manfaat dari buah matoa untuk kesehatan dan kecantikan.

1. Meningkatkan daya tahan tubuh

Kandungan vitamin C yang terdapat pada buah matoa sangat tinggi, sehingga buah ini bisa bermanfaat sebagai antioksidan yang menangkal berbagai serangan radikal bebas, dan juga memperkuat sistem kekebalan pada tubuh kita.

Kondisi daya tahan tubuh yang lemah akan mengakibatkan tubuh kita mudah sakit. Dengan mengonsumsi buah matoa yang kaya kandungan vitamin C, maka akan sangat berguna untuk memperkuat tubuh dalam melawan dari segala macam serangan virus penyakit.

2. Obat ambeien alami

Ambeien atau biasa juga disebut warir merupakan penyakit yang mengganggu sistem pencernaan. Buah matoa ternyata dapat dipergunakan sebagai obat alami penyembuh penyakit ini. Jika anda sekarang sedang mengalami penyekit ini, untuk mengatasinya cobalah secara rutin mengonsumsi buah matoa.

3. Mengontrol  kadar gula dalam tubuh

Kadar gula tinggi merupakan penyebab utama penyakit diabetes. Kita ketahui bahwa sebenarnya penderita diabetes takut makan yang manis-manis. Bagaimana dengan buah-buahan? Faktanya dari sebuah penelian ternyata makan buah dapat menurunkan risiko mengidap diabetes tipe 2. 
 
Namun, hanya buah yang dimakan secara langsung tanpa diolah terlebih dahulu seperti menjadi jus. Jika tidak maka sebaliknya yaitu malah meningkatkan risiko terkena diabetes. Nah, salah satu manfaat buah matoa yang diketahui adalah dapat mengontrol kadar gula darah, yang sangat cocok untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Baca Juga : Bahaya dan Manfaat Buah Kiwi Untuk Ibu Hamil

4. Mencegah hipertensi

Manfaat matoa selanjutnya yaitu mencegah penyakit hipertensi. Bagi anda yang sering mengalami tekanan darah tidak stabil, buah ini sangat ampuh untuk  menyembuhkannya. Dengan mengonsumsi buah ini, maka tekanan darah anda akan lebih terkontrol dan juga stabil.

5. Mencegah munculnya jerawat

Siapa sih yang senang dengan munculnya jerawat? Ketika jerawat mucul maka akan menimbulkan rasa yang tidak nyaman sekaligus menggangu penampilan. Tetapi, nyatanya jerawat bisa muncul kapan saja tanpa kita sadari.

Karena itu mencegahnya adalah langkah yang terbaik. Salah satu caranya, anda bisa mengonsumsi buah matoa secara rutin. karena kandungan vitamin C dan E yang ada pada buah tersebut dapat menangkal jerawat sehingga kulit anda tampakt lebih bersih dan sehat.

6. Mencegah penuaan dini

Buah matoa juga bermanfaat untuk menjaga  kecantikan kulit anda. Karena buah matoa dapat mencegah atau memperlambat munculnya dari tanda-tanda penuaan dini pada kulit seperti adanya kulit kusam dan keriput. Sehingga kulit anda senantiasa tampak cantik dan awet muda.

7. Meningkatkan kesuburan

Berikutnya, yaitu manfaat buah matoa untuk meningkatkan kesuburan. Diketahuhi bahwa buah matoa memiliki kandungan vitamin E yang cukup tinggi.

Kita tahu vitamin E merupakan antioksidan yang kuat berfungsi dalam melindungi dan meningkatkan kesehatan kesuburan. Untuk wanita, vitamin E memiliki fungsi dalam melindungi sel telur, meningkatkan kesuburan, dan mencegah adanya perpecahan membran selama masa kehamilan.

Sedangkan untuk pria, vitamin E bisa meningkatkan kualitas sperma dan motilita. Selain itu, vitamin E juga bermanfaat untuk menjaga kelembaban kulit agar tetap sehat. Tapi perlu diingat, buah matoa mengandung glukosa jenuh, sehingga jangan dimakan terlalu banyak karena bisa menimbulkan efek samping yang tidak diinginkan.

Baca Juga : Efek Samping Dari Mengonsumsi Buah Matoa

8. Menghilangkan stress

Melakukan aktivitas yang berat setiap hari dapat menyebabkan kita mudah stress. Jika dibiarkan terus-menerus maka dapat menimbulkan berbagai macam penyakit yang berbahaya bahkan kematian. Untuk mengatasinya, anda bisa mengonsumsi buah matoa. Lakukan cara tersebut secara rutin untuk membantu menghilangkan stress bila terjadi pada anda.

9. Mengurangi resiko kanker

Kanker merupakan salah satu penyakit penyebab utama kematian di seluruh dunia. Pada tahun 2012, ada sekitar 8,2 juta  kematian  yang disebabkan  oleh  kanker.  Kanker  hati, kolorektal, paru, perut,  dan  kanker  payudara  adalah penyebab terbesar terjadinya kematian akibat kanker setiap tahunnya.

Prilaku dan pola makan yang salah seperti kegemukan, kurangnya konsumsi buah dan sayur, malas berolahraga, pengguna rokok serta konsumsi minuman beralkohol adalah faktor penyebab lebih dari 30% kematian akibat kanker.

Untuk mencegahnya, anda bisa mengonsumsi makanan yang kaya akan kandungan vitamin C contohnya seperti buah matoa dari papua. Karena khasiat vitamin C salah satunya dapat mencegah berkembangbiaknya sel induk kanker, berdasarkan dari kesimpulan sebuah penelitian yang dipublikasikan di Jurnal Oncotarget.

10. Mengeluarkan racun

Pada tubuh kita terdapat racun yang berasal dari berbagai sumber, salah satunya bisa dari makanan. Racun bila tidak segera di keluarkan sudah pasti akan membawa dampak negative bagi tubuh, seperti munculnya berbagai penyakit-penyakit berbahaya.

Untuk mengeluarkan racun dari dalam tubuh, anda bisa mulai dengan cara yang mudah seperti mengonsumsi makanan yang mengadung serat tinggi, salah satunya yaitu buah matoa.

11. Melancarkan pencernaan

Buah matoa memiliki kandungan yang kaya akan serat, artinya buah ini sangat baik untuk melancarkan sistem pencernaan. Bila anda sedang mengalami masalah pencernaan seperti sembelit atau susah buaang air besar (BAB), cobalah mengonsumsi buah matoa untuk mengatasinya.

12. Mengurangi resiko jantung koroner

Di era modern sekarang, tingginya resiko jantung coroner banyak disebabkan karena mengonsumsi makanan cepat saji atau junk food yang jauh dari sehat.  Selain itu, jantung koroner merupakan suatu penyakit yang menyerang bagian penting tubuh, yaitu ogran jantung.

Dalam mencegahnya, anda bisa mengonsumsi buah matoa. Karena buah ini mengandung vitamin E yang baik bagi tubuh. Diketahui, vitamin E secara efektif dapat mencegah penyakit jantung koroner dan serangan jantung.

Itulah beberapa manfaat buah matoa yang bisa anda jadikan referensi dalam menjaga kesehhatan. Mengonsumsi buah matoa secara rutin dan menjaga asupan makanan yang seimbang tentu dapat membuat kesehatan kita lebih terjaga.

Related Posts

12 Manfaat Buah Matoa, Buah Asli Dari Papua
4/ 5
Oleh