Wednesday, December 19, 2018

Mengenal Buah Jerpaya, Buah Unik Asli Indonesia

Apa itu buah jerpaya? Bagaimana bentuknya dan rasanya? Mungkin itu pertanyaan yang akan menghapirin kita saat mendengar nama buah jerpaya.Buah jerpaya atau biasa di panggil jeruk pepaya merupakan buah asli Indoneisa.

Dulu, buah yang satu ini sempat menghebohkan tanah air kita. Unik dari buah ini mengapa disebut dengan jerpaya karena bentuknya yang mirip seperti pepaya akan tetapi bila dibelah isinya seperti buah jeruk. Karena hal itu, ada sebagian orang yang mengatakan jeruk pepaya atau jerpaya adalah varietas dari jeruk bali (pomelo) yang berbentuk seperti pepaya.


Asal Usul Buah Jerpaya 

Gambar Buah Jerpaya

Awalnya, jerpaya ditemukan oleh Ustadz Fauzi pada tahan 1988 di cianjur, tanamannya diberikan oleh seorang kakek tua yang sudah berusia 90-an tahun dan dikira tanaman jeruk, lalu kemudian beliau tanam karena mempunyai perasaan bersalah jika tidak dimanfaatkan karena pemberian orang, padahal beliau merupakan orang yang tidak suka tanaman.

Pertama kali di tanam di pinggir kolam, selang beberapa tahun tanaman buah jerpaya mulai mengasilkan buahnya yang sangat besar.Setelah orang-orang tahu, buah ini menjadi heboh dan banyak masyarakat Indonesia yang mulai mengonsumsinya sampai daun, kulit, dan bijinya karena dipercaya sebagai obat.

Baca Juga : Mengenal Buah Kenitu dan Manfaatnya 

Manfaat Buah Jerpaya 

Bentuk Buah Jerpaya

Tinggi tanaman jerpaya maksimal sekitar 150 cm, sedangkan buahnya memiliki berat rata-rata 5 hingga 6 kg. Selain bentuknya yang unik, ternyata hampir semua bagian dari tanaman ini memiliki khasiat yang tidak terduga.

Bagian tanaman yang sering dijadikan obat dari tanaman ini yaitu daunnya, daun jerpaya sebenarnya dapat dimakan secara langsung dan rasanya seperti menthol. Apabila kita sedang menderita sakit tenggorokan, batuk, asma, paru-paru maka sangat baik untuk mengkonsumsi daun dari tanaman jerpaya ini.

Untuk menyajikannya anda bisa meremas atau mengiris kecil daun dari tanaman ini kemudian dimasukkan dalam air panas satu gelas seperti menyeduh teh. Minuman dari daun jerpaya sangat nikmat seperti sirup jeruk dan baik diminum ketika masih panas, maka jadilah minuman yang sehat dan menyegarkan.

Selain itu, kulit dari buah jerpaya juga bisa dimanfaatkan sebagai manisan yang menyegarkan dan berkhasiat sebagai obat panas dalam dan sariawan. Sedangkan, buahnya ketika matang dan dipotong-potong kecil seakan-akan rasa jerpaya memiliki 13 rasa yang berbeda-beda. Diantara rasa tersebut yaitu seperti bercampurnya rasa apel, rasa mangga, rasa melon, rasa jambu, rasa bengkoang dan masih banyak lagi.

Baca Juga : Kandungan Gizi dan Manfaat Buah Sawo Untuk Kesehatan Tubuh 

Harga Buah Jerpaya

Sekarang, buah jerpaya sudah menyebar hampir di selulur Indonesia, tetapi yang banyak dijual dipasaran adalah bibitnya. Jadi, untuk mendapatkan bibitnya sudah cukup mudah. Bila anda ingin membeli bibit buah jerpaya anda juga bisa membelinya secara online di marketplace yang ada di Indoneisa. Harganya di jual mulai kisaran Rp.10.000 sampai Rp.375.000.

Related Posts

Mengenal Buah Jerpaya, Buah Unik Asli Indonesia
4/ 5
Oleh