Monday, October 22, 2018

13 Manfaat Buah Alpukat Bagi Kesehatan

Alpukat merupakan jenis buah yang dianjurkan untuk dikonsumsi karena memiliki banyak manfaat yang baik untuk tubuh. Buah ini mengandung lemak sehat tak jenuh yang bermanfaat untuk diet alami dan mengusir kadar lemak jahat dalam tubuh.

Alpukat biasanya dikonsumsi secara langsung yaitu dengan memakan daging buah alpukat dengan gula pasir maupun tanpa gula, atau bisa juga dikonsumsi sebagai minuman jus yang menyegarkan.

Kandungan dalam buah alpukat diketahui sangat banyak jenis nutrisinya seperti karbohidrat, lemak, protein, serat, potasoum dan juga vitamin C, jadi wajar saja kalau buah berdaging lunak ini begitu bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia.

Manfaat buah alpukat bagi kesehatan
Buah Alpukat


Selain itu, kandungan yang ada dalam buah alpukat adalah asam lemak omega 3. Omega 3 bermanfaat untuk menurunkan kolesterol tubuh. Berikut ini akan diulas tentang berbagai macam manfaat buah alpukat bagi kesehatan tubuh manusia yang harus diketahui.

Manfaat Buah Alpukat Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

1. Mengontrol tekanan darah

Kandungan potasium dalam alpukat menjadikan buah ini bagus dikonsumsi setiap hari, karena bisa menstabilkan tekanan darah, sehingga tekanan darah selalu normal tidak tinggi dan tidak rendah.

2. Mengatasi sariawan

Sariawan yang mengakibatkan bibir kering atau luka ternyata juga bisa di atasi dengan alpukat. Alpukat memiliki kandungan nutrisi vitamin C, inilah yang menjadikan buah ini bagus untuk mengatasi sariawan. Konsumsi buah alpukat secara teratur bisa menjauhkan anda dari infeksi dan sariawan.

3. Menurunkan kolesterol jahat secara alami

Kolesterol jahat dalam tubuh yang mengakibatkan terjadinya berbagai masalah kesehatan yang berhubungan dengan darah. Bisa mengakibatkan terjadi penumpukan plak pada pembuluh darah sehingga darah menjadi tidak lancar ke jantung. Kolesterol bisa menjadi sebab terjadinya penyakit jantung maupun stroke. Untuk menghilangkan kolesterol bisa mengkonsumsi alpukat secara rutin, karena kandungan omega 3 dalam buah avocado bagus untuk menurunkan kolesterol jahat.

4. Mengontrol gula darah dalam tubuh

Gula darah harus selalu stabil atau terkontrol, kalau tidak maka tubuh bisa menderita penyakit gula atau diabetes. Alpukat memiliki kandungan lemak tak jenuh yang bisa menjaga resistensi insulin sehingga gula darah bisa terkontrol.

5. Menjaga kesehatan rambut

Alpukat bisa menyehatkan rambut, bisa dengan mengkonsumsi secara langsung atau membuatnya menjadi masker rambut. Kandungan vitamin E dalam buah alpukat bagus untuk kulit sehingga folikel rambutpun bisa sehat dan ini akan berefek baik bagi pertumbuhan rambut. Selain itu, bisa juga dibuat masker rambut. Masker rambut membuat rambut lembab dan halus.

6. Menaikkan berat badan

Anda kurus atau berat badan anda tidak stabil, maka anda bisa membiasakan mengkonsumsi alpukat secara rutin. Dengan gizi dan lemak sehat yang terdapat pada alpukat, maka massa tubuh anda bisa dinaikkan hingga menjadi stabil.

7. Mencegah anemia dan serangan jantung

Pada buah alpukat terdapat kandungan tembaga dan zat besi. Zat besi dan tembaga sangat membantu dalam hal pembentukan sel darah merah, dengan memakan buah alpukat secara rutin maka dapat mencegah kekurangan darah atau anemia. Buah alpukat juga dapat memantau detak jantung dan menjaga fungsi saraf tubuh agar tetap normal. 

8. Menangkal radikal bebas

Radikal bebas yang merugikan tubuh dapat dihindari dengan mengkonsumsi buah alpukat secara rutin. Kandungan vitamin C, E, serta flavonoid dalam buah alpukat baik dalam menjaga tubuh dari radikal bebas.

9. Mengatasi peradangan 

Peradangan sebenarnya merupakan reaksi tubuh yang berfungsi untuk melindungi tubuh dari rangsangan berbahaya. Untuk mengobati pembengkakan karena peradangan bisa menggunakan buah alpukat dengan mengkonsumsinya.

10. Mengatasi lubang kecil pada gigi

Adanya gigi berlubang dapat menyebabkan ngilu dan sakit pada gigi. Dengan ada buah alpukat anda bisa mencoba untuk mengobati gigi berlubang, tetapi bukan dengan memakan buahnya melainkan dengan menggunakan biji buah alpukat. Haluskan biji alpukat hingga seperti serbuk, dan masukkan kedalam gigi berlubang.

11. Menjaga dan melindungi kesehatan mata

Kandungan vitamin A dalam buah alpukat berperan penting dalam menjaga kesehatan mata serta melindungi mata dari beberapa jenis penyakit mata seperti macula dan katarak.

12.   Melindungi tubuh dari serangan kanker prostat


Alpukat dikenal dengan baik bahwa memiliki nutrisi untuk mencegah pertumbuhan kanker prostat. Dalam buah alpukat terdapat senyawa yang mempunyai peran untuk menghancurkan sel kanker yang baru timbul tanpa mengakibatkan kerusakan sel yang lainnya.

13. Kejantanan pria

Dalam bahasa Aztec, alpukat memiliki arti testis. Ada penelitian yang mengungkapkan bahwa alpukat memiliki sifat afrodisiak yang dapat meningkatkan kejantanan pria. Salah satu alasan mengapa buah ini dapat meningkatkan kejantanan pria adalah karena buah ini mengandung banyak nutrisi sehat seperti vitamin A, B, C, D, dan E.

Itulah beberapa tips kesehatan yang bisa kita dapat dari buah alpukat. Mengonsumsi buah alpukat secara teratur dan menjaga asupan makanan yang seimbang tentu dapat membuat kesehatan kita terjaga sehingga bebas dari banyak penyakit.

Selain itu, untuk menunjang kebugaran tubuh, Anda juga perlu melakukan olahraga secara rutin, semoga dengan artikel ini Anda bisa sadar akan pentingnya menjaga kesehatan tubuh.

Related Posts

13 Manfaat Buah Alpukat Bagi Kesehatan
4/ 5
Oleh