Tuesday, March 27, 2018

20 Buah Penambah Darah untuk Penderita Anemia

20 buah penambah darah untuk penderita anemia - Kekurangan zat besi dapat menyebabkan anemia, yaitu kondisi dimana seseorang mengalami penurunan jumlah sel darah merah . Kenapa? Karena, zat besi dibutuhkan untuk membuat hemoglobin (hb) yang terdapat pada sel darah merah. Dimana kadar hemoglobin untuk laki-laki normalnya yaitu 13,5 - 18 gram/dl dan 12 - 16 gram/dl pada wanita. Untuk mencukupi kebutuhan hemoglobin pada tubuh, Anda dapat mengkonsumsi buah-buahan penambah darah yang cepat dalam mengembalikan hemoglobin ke keadaan normal.

Gambar Buah-buahan Penambah Darah
Gambar buah-buahan by pexels.com


Di Indonesia sendiri banyak sekali kumpulan jenis buah penambah darah yang bisa Anda dapatkan dengan mudah. Selain zat besi, nutrisi dalam makanan yang dibutuhkan tubuh untuk membentuk sel darah merah diantaranya yaitu vitamin B12, asam folat, tembaga, dan vitamin A dan nutsi-nutrisi lainnya. Nutrisi-nutrisi tersebut juga terdapat pada buah-buahan. Untuk itu, mari Kita simak buah-buahan apa saja yang bagus untuk penambah darah secara alami.

Inilah Buah-buahan yang Bagus untuk Penambah Darah Bagi Penderita Animea.

 

1. Jambu Biji

Jambu biji merupakan buah yang memiliki kandungan zat besi, vitamin A, vitamin B1, dan vitamin C yang berperan dalam pembentukan hemoglobin. Hal inilah yang membuat jambu biji dapat menjadi makanan penambah darah.

2. Jeruk

Jeruk merupakan buah yang memiliki kandungan asam folat yang sangat tinggi. Hal ini membuat jeruk dapat membantu menambah darah. Dimana dalam satu gelas jeruk mengandung folat sebesar 31,5 mcg. Selain itu, jeruk juga membantu penyerapan zat besi pada tubuh karena memiliki kadar vitamin C yang tinggi.

3. Lemon

Untuk mengatasi anemia emon sering digunakan sebagai ramuan alami bersama dengan cuka apel. Karena kandungan vitamin C yang tinggi, lemon sangat baik untuk mengatasi anemia.

4. Apel

Kandungan zat besi dan vitamin C yang tinggi pada apel dapat membantu menambah darah pada tubuh Kita. Jadi, biasakanlah makan apel setiap hari karena buah ini mudah didapat terutama pada supermarket.

5. Alpukat

Berikutnya yaitu buah alpukat, yaitu buah yang memiliki kandungan zat besi yang sangat tinggi.Karena itu, banyak orang yang menyarankan buah alpukat sebagai buah untuk menambah darah bagi penderita anemia.

Baca Juga :  13 Manfaat Buah Alpukat Bagi Kesehatan

6. Mangga

Buah yang mudah didapat di pasar ini ternyata memiliki kandungan kurang lebih 60 mg vitamin C. Jumlah tersebut mampu memenuhi kebutuhan vitamin C pada orang dewasa. Sedangkan vitamin C sendiri berperan dalam mengikat zat besi di dalam tubuh. Hal itulah yang membuat mangga di jadikan makanan penambah darah.

7. Semangka

Buah yang hampir 90% mengandung air ini ternyata juga mengandung zat besi dan vitamin C. Walaupun kandungan zat besinya hanya 0,2 mg dari 100 gr, buah semangka memiliki kandungan vitamin C yang cukup untuk mempercepat proses penyerapan zat besi di dalam tubuh kita. Jadi, buah semangka dapat dijadikan sebagai pilihan dalam makanan penambah darah.

8. Aprikot

Aprikot mengandung mineral yang dapat membantu dalam produksi hemoglobin pada darah, yaitu tembaga dan mineral.

9. Tomat

Buah tomat biasanya dimasukkan dalam golongan sayuran, karena buah tomat sering dimasak bersama dengan masakan lain. Namun sebenarnya buah tomat kaya akan manfaat dan segar untuk dikonsumsi secara langsung. Kandungan vitamin C dan vitamin A yang diperlukan dalam pembentukan sel darah merah, sehingga buah tomat baik untuk mengatasi anemia.

10. Pepaya

Karena kandungan vitamin A, vitamin C, dan asam folat yang besar. Pepaya sangat baik untuk mengatasi anemia.

11. Stroberi

Buah yang populer dan memiliki rasa manis sedikit asam saat matang ini juga dapat membantu menambah darah. Hal ini, dikarenakan adanya kandungan antioksidan yang tinggi pada stroberi.

12. Raspberry

Raspberry memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi, sehingga sangat baik dijadikan makanan untuk meningkatkan penyerapn zat besi. Karena, sebagaian kasus anemia terjadi adanya kekurangan zat besi.

13. Buah Naga

Selanjutya, ada buah naga yang memiliki kandungan fosfor, kalsium, zat besi, vitamin C, B1, B3, B12 dan berbagai mineral penting yang berperan dalam menambah darah. Banyak yang tidak tahu, ternyata kulit dari buah naga yang berwarna merah merona justru dapat di manfaat dalam upaya menambah darah. Selain itu juga, peran zat besi dan vitamin C-nya dapat membantu sebagai penambah darah. Dimana, zat besi berperan untuk memproduksi sel darah merah sedang, vitamin C berperan untuk menyerap banyak zat besi di dalam tubuh.

14. Kurma

Terdapat banyak sekali manfaat bagi kesehatan yang ada pada buah kurma bila dikonsumsi. Lalu, kenapa buah kurma termasuk sebagai buah penambah darah? Ini disebabkan oleh karena adanya kandungan vitamin B pada buah kurma. Kandungan vitamin B ini dapat meningkatkan produksi sel darah merah.

15. Melon

Anda pasti tahu buah melon? Ya, buah yang segar ini, ternyata memiliki kandungan vitamin A yang sangat tinggi yang dapat meningkatkan kerja zat besi untuk memproduksi hemoglobin di dalam tubuh. Sehingga, melon bisa dijadikan pilihan terbaik makanan penambah darah.

16. Anggur

Buah yang bentuknya kecil ini ternyata memiliki kandungan asam folat yaitu sebesar 21 mcg per satu gelas dan vitamin A. Dimana asam folat dan vitamin A adalah nutrisi yang dapat membantu dalam pembentukan sel darah merah.

Baca Juga : 9 Manfaat Buah Anggur Untuk Kesehatan

17. Kiwi

Buah kiwi mengandung zat besi yang amat cukup tinggi, sehingga dapat dijadikan makanan yang  mampu mengatasi anemia.

18. Kismis

Berikutnya buah kismis, buah ini juga dapat menambah darah karena kandungan zat besi yang amat kaya. Setiap 100 gram buah kismis terdapat 3 mili gram zat besi. Jadi, setiap Anda memakan 1 buah kismis, maka Anda telah memenuhi tubuh Anda dengan 3,2 mili gram zat besi.

19. Kesemek

Di negara Jepang, buah ini sangat populer bahkan sampai disebut "food of the Gods".Buah kesemek sendiri memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, zat besi, dan vitamin C. Sehingga, Anda layak mempertimbangkan sebagai makanan penambah darah alami.

20. Wortel

Buah yang satu ini memiliki kandungan vitamin A yang sangat besar. Untuk itu, dalam meningkatakan sel darah Anda disarankan untuk mengkonsumsi wortel setidaknya minimal dua kali per minggu.

Nah, itulah kumpulan buah-buahan yang dapat membantu Anda untuk menambah darah dalam mengatasi anemia. Ada banyak pilihannya, sehingga Anda tidak perlu khwatir dalam menentukan buah apa yang Anda harus konsumsi dan akan lebih enak jika dikonsumsi dengan cara di minum (dibuat jus). Tapi, jangan lupa juga memperhatikan kandungan zat besi atau vitamin C sebagai komponen utama membantu menambah darah. Semakin besar kandungan kadar zat besi atau vitamin C dari buah yang Anda konsumsi, maka akan semakin baik untuk penambah darah Anda.


Related Posts

20 Buah Penambah Darah untuk Penderita Anemia
4/ 5
Oleh