Saturday, September 14, 2019

11 Buah yang Sering Dijadikan Manisan

Semua orang pasti tahu apa itu manisan buah, sejenis olahan dengan bahan dasar buah-buahan yang direndam dalam larutan gula. Manisan ini dibuat sebagai perangsang nafsu makan dan juga bisa dijadikan camilan. Ada beberapa macam buah yang sering dijadikan manisan, dan tentunya manisan ini merupakan pengawetan makanan secara alami karena bahannya hanya larutan gula saja.

Dengan dibuat manisan, beberapa buah yang awalnya rasanya asam atau bahkan pahit dapat menjadi manis. Hal ini membuat banyak orang yang menyukai buah yang telah diolah menjadi manisan. Makanan ini juga telah banyak dijual di beberapa gerai oleh-oleh atau toko makanan. Lalu nama buah apa saja yang biasanya diolah menjadi manisan yang enak dan manis ini.

Buah yang Sering Dijadikan Manisan 

Manisan Buah Buahan Segar dan Enak

Mempunyai stok buah di rumah dan bosan dengan cara mengkonsumsi buah secara langsung. Anda dapat mencoba mengolah buah-buah ini menjadi bentuk lain seperti manisan buah. Walaupun tidak semua buah dapat dijadikan manisan, namun beberapa buah lokal yang anda miliki dapat dibuat manisan buah yang manisa dan lezat. Cek beberapa daftar buah yang sering dijadikan manisan berikut ini:

1. Mangga

Salah satu buah yang sering dijadikan olahan manisan adalah buah mangga. Memang buah ini banyak dijumpai di Indonesia dan tersedia dalam jumlah banyak. Buah mangga yang biasanya dijadikan manisan justru buah yang masih muda, jadi tekstur buahnya masih agak keras dan rasanya lebih masam. Manisan yang didapat dari buah ini dapat berupa manisan kering dan manisan basah.

2. Pepaya

Buah pepaya ternyata juga sangat populer untuk dijadikan manisan, baik berupa manisan kering maupun manisan basah. Untuk bisa membuat manisan pepaya, anda membutuhkan buah pepaya yang belum begitu matang atau masih mengkel. Jika sudah matang maka tesktur pepaya yang lembek dapat membuat manisan hancur. Dengan buah yang masih agak muda maka bentuk dan tekstur masih bagus.

3. Salak

Buah salak ini mengandung karoten yang berkhasiat menjaga kesehatan tubuh terutama untuk otot mata. Selain itu juga bekerja aktif sebagai obat diare, sebab buah salak ini mengandung banyak serat. Kandungan zat gizi dan fitonutrien yang bermanfaat bagi anda yang sedang diet. Bahkan para ahli percaya salak dapat memberikan gizi seimbang untuk ibu hami dan bayi di dalam kandungan.

Baca Juga : 4 Cara Mudah Membuat Manisan Salak yang Enak


4. Kedondong

Kedondong ini merupakan buah yang mempunyai rasa renyah namun agak asam. Buah ini sering dijadikan rujak, asinan dan juga tambahan untuk sambal. Selain itu buah ini menjadi buah favorit untuk dibuat manisan dan acar. Untuk membuat manisan kedondong ini anda bisa merendamnya dalam larutan gula yang dimasak hingga mendidih.

5. Strawberry

Olahan manisan dari buah strawberry ini dapat berupa manisan kering dengan bentuk yang masih utuh apa adanya, namun ada juga yang dibuat dengan cara menghancurkan buah strawberry tersebut. Buah yang telah dihancurkan akan diolah menjadi bentuk lain seperti permen dan juga manisan jelly. Selain segar rasa manisan ini juga manis asam yang membuat anda ketagihan.

6. Jeruk

Selain enak di makan langsung, buah jeruk juga sering digunakan sebagai bahan membuat manisan. Tidak hanya buahnya saja, kulit jeruk juga enak untuk dijadikan manisan. Khusus kulit jeruk ini lebih enak jika dibuat manisan kering, caranya dengan memotong memanjang kemudian dicampur dengan larutan gula dan kayu manis dan direbus hingga matang.

7. Nanas

Buah nanas dipercaya mampu membantu melancarkan pencernaan anda. Nanas mengandung serat yang sangat penting dalam menjaga kesehatan pencernaan, terutama kesehatan usus anda. Jika anda mual, makanlah buah nanas ini karena cepat meredakan mual. Berbagai manfaat yang bisa anda dapat dari buah nanas ini, cocok jika dijadikan manisan yang manis atau pedas.

Baca Juga : 3 Cara Membuat Manisan Mangga (Pedas, Basah, Kering)

8. Kiwi

Buah berwarna kuning dan hijau ini merupakan buah anti hipertensi yang mengandung kalium. Zat yang terkandung dalam buah ini dikenal sebagai mineral yang dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Buah kiwi ini juga dapat menangkal radikal bebas yang berbahaya bagi tubuh. Jika anda mempunyai indikasi alzheimer atau sering cepat lupa, makanlah buah ini secara rutin.

9. Nangka

Siapa yang tidak tergoda dengan wangi buah nangka ini. Ternyata buah ini mempunyai manfaat untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh, karena mengandung vitamin c dan antioksidan alami. Buah nangka juga mampu melawan sel kanker. Kanudngan fitonutrien seperti lignan, isoflavon dan sponin dapat menahan dan melawan penyebaran sel kanker dalam tubuh anda.

10. Ceremai

Buah ceremai ini mempunyai bentuk yang mungil dan rasanya yang masam agak manis. Buah ini sering dibuat manisan kering dan. Untuk bisa menikmati manisan ceremai ini, anda dapat membuatnya dengan cara memasak buah ini bersama larutan garam, gula dan jga pewarna. Setelah masak jemur manisan agar lapisan gula pada kulit luarnya menjadi kering.

11. Kolang-Kaling

Kolang-kaling dihasilkan dari biji pohon aren yang banyak anda temukan dalam campuran minuman dan juga sering digunakan dalam olahan takjil seperti es kolang-kaling timunsuri serta campuran minuman es lainnya. Kolang-kaling ini dapat dijadikan manisan dengan cara memasak kolang-kaling dalam campuran air gula, sirup, dan cengkeh hingga mendidih dan air rebusan menyusut.

Baca Juga : 2 Cara Membuat Manisan Kolang-Kaling Enak dan Manis

Manisan buah memang merupakan kudapan yang menarik dan sehat tentunya. Buah yang sering dibuat manisan ini terbuat dari buah asli yang melalui proses pemasakan secara alami dengan bahan alami tanpa bantuan bahan kimia lainnya. Untuk manisan kering mengandalkan matahari sebagai media pengering buah yang dibuat manisan. Selain alami, manisan ini juga tahan lama walaupun tanpa bahan pengawet.

Related Posts

11 Buah yang Sering Dijadikan Manisan
4/ 5
Oleh