Wednesday, October 24, 2018

11 Manfaat Buah Apel Untuk Kesehatan

Apel atau buah yang memiliki nama latin Malus domestica merupakan tanaman buah tahunan berasal dari Asia Tengah. Sekarang, apel dapat tumbuh dengan baik di seluruh dunia bahkan di Indonesia dan telah menjadi makanan yang popular di kalangan masyarakat.

Tak hanya itu, kandungan buah apel yang kaya akan nutrisi seperti pektin (sumber serat makanan larut air), quersetin (bahan anti radang dan anti kanker) dan vitamin C yang cukup tinggi merupakan beberapa alasan mengapa ahli gizi sangat mengajurkan masyarakat untuk mengonsumsi buah apel secara rutin.

Lalu manfaat apa saja yang bisa kita dapat dari mengonsumsi buah apel? Mari simak beberapa manfaat buah apel berikut ini.


Manfaat bua apel untuk kesehatan


Manfaat Buah Apel Untuk Kesehatan 

1. Mengatasi bau mulut

Kandungan pektin dalam buah apel memiliki manfaat untuk mengontrol bau makanan dan meningkatkan air liur yang berfungsi membersihkan mulut.

2. Memelihara kesehatan otak


Apel mengandung flavonoid dan antioksidan kuersetin yang mampu mengurangi matinya sel saraf akibat penuaan. Kandungan antioksidan yang tinggi pada kulit apel dapat membantu fungsi memori dan menjaga kesehatan otak.

3. Mengontrol berat badan

Banyak persoalan kesehatan yang dapat terjadi oleh kelebihan berat badan, di antaranya adalah diabetes tipe 2, penyakit jantung, stroke, dan tekanan darah tinggi. Untuk menjaga kesetabilan  berat badan, dokter menyarankan diet dan buah apel merupakan buah yang sangat cocok untuk diet.

4. Membantu sistem pencernaan

Kandungan apel berupa serat dapat membantu melancarkan sistem pencernaan sehingga penyakit seperti diare atau sembelit  dapat dicegah. Apel juga mengandung pektin yang mampu membantu meningkatkan jumlah bakteri baik dalam usus sehingga mampu membantu usus untuk bekerja lebih baik.

5. Menyembuhkan anemia

Buah apel juga kaya akan zat besi yang baik untuk pengobatan anemia. Setelah dua atau tiga buah apel dikonsumsi secara rutin maka mampu membantu tubuh mempertahankan kadar zat besi nya.

6. Menurunkan risiko diabetes

Pada buah apel terdapat kandungan antioksidan, beberapa diantaranya adalah chlorogenic acid, quercetin dan phlorizin. Chlorogenic acid, berfungsi membantu tubuh memanfaatkan gula secara lebih efisien. Quercetin berfungsi membantu dalam memperlambat pengolahan karbohidrat.

Selain itu, quercetin juga berfungsi untuk mencegah naiknya gula darah. Sedangkan phlorizin membantu menurunkan tingkat gula darah dan memperlambat penyerapan gula. Beberapa alasan inilah mengapa buah apel mampu mencegah diabetes.

7. Mengobati asma

Selain dapat menurunkan risiko diabetes, mengonsumsi buah apel secara teratur mampu mengobati penyakit saluran pernapasan yaitu penyakit asma. Sebab kandungan quercetin yang tinggi yang ada pada buah apel mampu menjadi menjadi antioksidan dan anti-histamin  untuk mengurangi penyakit asma.

8. Menjaga kesehatan kulit

Manfaat buah apel sangat baik untuk kesehatan kulit apabila Anda mengonsumsinya secara teratur. Sementara itu manfaat lainnya yaitu untuk menghilangkan noda bekas jerawat sehingga penampilan kulit tidak hanya terpancar dari dalam tetapi juga terlihat sehat dari luar dan kulit menjadi sehat dan bersih.

9. Menurunkan kolestrol

Manfaat apel bagi kesehatan berikutnya adalah menurunkan kadar kolesterol jahat. Dengan mengonsumsi 1 buah apel setiap hari secara rutin, hal itu dapat dipercaya mengurangi asupan kalori sebanyak 15%. Karena buah apel memiliki serat yang tinggi, maka buah apel dapat mengikat lemak dalam tubuh dan kemudian dibuang oleh tubuh.

10. Mengurangi resiko kanker


Flavonoid seperti quercetin yang ada dalam buah apel bermanfaat mempertahankan molekul oksigen dari merusak sel-sel individual. Hal ini mampu mencegah perubahan sel yang dapat menyebabkan perkembangan sel-sel kanker.

11. Memelihara pertumbuhan rambut

Menurut sebuah penelitian yang ada Jepang  menunjukkan bahwa B2 procyanidin pada apel mampu meningkatkan pertumbuhan rambut.

Ternyata begitu banyak manfaat dan nutrisi dalam buah apel yang bisa Anda jadikan referensi untuk menjaga kesehatan. Tapi, untuk mendapat manfaat terbaik, sesuaikanlah dengan kebutuhan tubuh Anda dan jangan lupa juga untuk konsultasikan dengan pakarnya, ya! Anda memiliki rekomendasi lain dari manfaat dari buah apel? Jangan ragu untuk  bagikan di kolom komentar, oke!

Related Posts

11 Manfaat Buah Apel Untuk Kesehatan
4/ 5
Oleh