Thursday, October 25, 2018

13 Manfaat Buah Bidara Untuk Kesehatan

Buah bidara memiliki bentuk bulat kecil dengan rasa yang kesat dan manis, mempunyai nama latin Ziziphus Mauritiana dan banyak ditemukan di Indonesia dan juga China.

Buah bidara merupakan buah yang mempunyai banyak sekali manfaat. Beberapa diantara adalah untuk kesehatan tubuh dan kecantikan. Selain buahnya yang bermanfaat, daun dari buah bidara juga bermanfaat untuk berbagai masalah kesehatan.

Untuk lebih jelasnya, pada tulisan kali ini akan dibahas tentang manfaat buah bidara secara rinci. Berikut penjelasannya.

Manfaat buah bidara untuk kesehatan

Manfaat Buah Bidara untuk Kesehatan

1. Menguatkan gigi

Kandungan Buah bidara beberapa diantaranya fosfor, kalium dan kalsium. Kandungan nutrisi ini sangat dibutuhkan oleh gigi. Dengan mengonsumsi buah bidara secara teratur maka dapat membuat gigi menjadi lebih kuat.

2. Mengatasi asam lambung

Mengonsumsi buah buah bidara secara teratur bisa menjadi alternatif obat asam lambung  secara alami. Karena kandungan zat di dalam daging buah bidara akan membantu mengurangi tingkat asam pada lambung, yang telah menyebabkan perut mengalami rasa nyeri dan kembung.

3. Melancarkan sirkulasi peredaran darah


Buah bidara mengandung banyak nutrisi yang sangat baik untuk tubuh contohnya seperti  vitamin dan mineral. Kandungan tersebut sangat baik untuk melancarkan sirkulasi darah.

4. Melancarkan pencernaan

Karena kandungan serat yang ada pada buah bidara, kandungan tersebut sangat baik untuk membantu melancarkan pencernaan dalam tubuh. Selain memiliki serat, buah bidara juga mengandung nutrisi yang diperlukan oleh tubuh sehingga tubuh akan merasa sehat bila mengonsumsi buah secara rutin.

5. Menangkal radikal bebas

Selanjutnya, manfaat dari buah bidara yaitu dapat menangkal radikal bebas karena buah ini mengandung antioksidan yang baik untuk tubuh. Racun yang masuk akibat polusi udara yang terserap oleh tubuh dapat mengakibatkan keadaan tidak kesehatan. Mengonsumsi buah bidara secara rutin bisa menangkal radial bebas pada tubuh.

6. Mencegah terjadinya gangguan osteoporosis


Osteoporosis merupakan penyakit yang ditandai oleh penurunan kepadatan tulang sehingga tulang menjadi rapuh dan mudah patah. Osteoporosis terjadi karena kekurangan nutrisi yang diperlukan tulang. Buah bidara mempunyai kandungan kalium, kalsium,  vitamin dan fosfor yang dapat membantu meningkatkan sel-sel pada tulang agar tulang menjadi kuat dan sehat.

7. Mengatasi penyakit maag

Buah bidara mampu mengatasi penyakit maag, penyakit ini dapat membuat perut kembung dan terasa nyeri. Untuk menghilangkan rasa nyeri dan kembung, bisa dilakukan dengan mengkonsumsi buah bidara secara teratur.

8. Mengurangi risiko kanker

Buah bidara memiliki kandungan senyawa karotenoid yang mampu mencegah terjadinya  kanker paru-paru, payudara serta usus besar. Makanan yang memiliki kandungan karoteniod dapat mengurangi risiko kanker karena senyawa tersebut mempunyai sifat antioksidan yang mampu melawan kanker.

9. Melancarkan sistem pernapasan

kandungan vitamin C dan beta karoten yang dimiliki oleh buah bidara mampu melancarkan pernapasan. Kandungan nutrisi tersebut mampu meredakan masalah pernapasan dan meningkatkan kapasitas paru-paru sehingga pernapasan akan menjadi lancar.

10. Mengatasi penyakit jantung

Mengonsumsi buah bidara secara rutin dapat mengurangi risiko terhadap serangan jantung. Sebab, kandungan nutrisi dalam buah bidara seperti beta karoten dan vitamin mampu mengurangi  oksidasi kolesterol jahat (LDL) yang membuat kerja jantung menjadi sehat.

11. Mengobati asma

Kandungan senyawa beta karoten dan Vitamin C yang ada di dalam buah bidara terbukti dapat meningkatkan jumlah kapasitas udara di dalam paru-paru. Sehingga masalah pernapasan dapat diatasi secara perlahan-lahan.

12. Mencegah kepikunan


Faktor penyebab kepikunan bukan hanya usia, asupan gizi yang kurang untuk tubuh juga merupakan penyebab salah satunya. Buah bidara memiliki kandungan vitamin dan juga senyawa  yang  dipercaya berkhasiat menutrisi otak, sehingga kinerja otak menjadi semakin baik.

13. Membantu memulihkan tenaga

Buah bidara kaya akan vitamin yang mampu meningkatkan daya tahan tubuh. Kandungan nutrisi dan giziya dibutuhkan oleh tubuh sehingga buah bidara mampu memulihkan tenaga bagi orang yang baru pulih dari sakit.

Nah, itulah beberapa manfaat buah bidara untuk kesehatan tubuh. Masih ragukah Anda mengonsumsi buah bidara setelah tahu ada begitu banyak manfaat buah bidara bagi kesehatan?

Related Posts

13 Manfaat Buah Bidara Untuk Kesehatan
4/ 5
Oleh