Friday, October 26, 2018

12 Manfaat Buah Belimbing Untuk Kesehatan

Belimbing merupakan buah yang mudah ditemukan di Indonesia. Buahnya berwarna kuning kehijauan dengan rasa yang manis dan menyegarkan. Buah ini lebih sering  dinikmati menjadi makanan pencuci mulut.

Namun, perlu Anda ketahui dibalik rasa dan bentuknya yang khas, ternyata buah belimbing memiliki banyak manfaat kesehatan yang tak terduga? Lalu apa sajakah khasiat buah belimbing yang dapat diperoleh oleh tubuh? Berikut adalah beberapa ulasan tentang manfaat buah belimbing yang harus Anda tahu.

Manfaat buah belimbing untuk kesehatan

Manfaat Buah Belimbing Untuk Kesehatan Tubuh

1. Menjaga sistem percernaan

Kandungan serat dalam buah belimbing sangat baik untuk menjaga sistem pencernaan. Karena, serat dalam buah belimbing mampu untuk meningkatkan penyerapan nutrisi makanan dalam tubuh dan buang air besar menjadi lancar.

2. Meningkatkan kepadatan tulang dan gigi

Buah belimbing memiliki kandungan mineral seperti fosfor, zat besi, seng , magnesium hingga kalsium. Seluruh zat tersebut sangat berguna untuk membantu meningkatkan kesehatan tulang dan gigi, dan juga dapat mengurangi risiko penyakit tulang, seperti osteoporosis dan radang sendi.

3. Meningkatkan produksi ASI

Sebagian wanita mengalami kesulitan dalam memproduksi ASI yang cukup untuk menyusui bayi mereka. Akan tetapi, dengan mengonsumsi buah belimbing mampu membantu meningkatkan produksi susu secara alami.

4. Menurunkan berat badan

Tinggi akan serat, buah belimbing dapat menjadi makanan alternatif penurun berat badan. Serat akan meningkatkan proses metabolisme di dalam tubuh, sehingga program diet akan menjadi lebih maksimal. Selain itu, serat juga bisa membuat rasa kenyang lebih lama sehingga nafsu makan akan lebih terkontrol.

5. Mengontrol diabetes

Sebuah penelitian menemukan bahwa serat tak larut yang terkandung dalam buah belimbing dapat membantu mencegah pelepasan glukosa yang berasal dari makanan, yang berdampak meminimalisir peningkatan kadar insulin, yakni penyebab memburuknya kondisi pennyakit diabetes. Hal tersebut menjadikan buah belimbing sangat baik dikonsumsi oleh para penderita diabetes.

6. Memelihara kesehatan jantung

Tingginya zat natrium dan kalium yang ada dalam belimbing bermanfaat menjadi pengganti elektrolit dalam tubuh. Mengkonsumsinya secara rutin dapat membantu mengontrol tekanan darah dan detak jantung, menghilangkan plak di pembuluh darah, serta melancarkan peredaran darah ke seluruh tubuh.

7. Mengontrol tekanan darah

Kandungan zat kalsium yang cukup tinggi pada buah belimbing dapat membantu mencegah risiko beragam penyakit kronis, seperti oaterosklerosis, stroke dan bahkan serangan jantung. Tak hanya itu, mengonsumsi buah belimbing secara rutin juga bisa mengendalikan tekanan darah dengan baik.

8. Meningkatkan fungsi enzim tubuh

Manfaat belimbing untuk kesehatan yang lainnya yaitu meningkatkan fungsi enzim tubuh. Enzim yang baik akan membuat sistem metabolisme tubuh bekerja dengan baik. Hal ini karena buah belimbing mengandung vitamin B6 yang cukup baik untuk enzim.

9. Mencegah kanker

Buah belimbing merupakan buah anti kanker yang cukup tinggi karena mengandung polifenol yang mampu melawan efek buruk dari radikal bebas. Buah belimbing juga dipercaya ampuh untuk menurunkan risiko kanker usus besar serta kanker hati karena mengandung banyak serat.

10. Menjaga rambut tetap sehat

Kandungan vitamin C yang ada pada buah belimbing tidak hanya bermanfaat untuk organ dalam tubuh saja melainkan dapat berguna juga untuk memelihara kolagen dan protein penting yang ditemukan dikulit dan rambut. Selain itu, kandungan vitamin A pada buah belimbing dapat membuat rambut lembab dan tetap sehat.

11. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Selain segar, buah belimbing juga kaya akan vitamin C. Satu buah belimbing dapat memenuhi kebutuhan dari 50 persen vitamin C harian. Vitamin tersebut juga sangat baik untuk meningkatkan sistem kekebalan, sehingga dapat mencegah risiko penyakit akibat bakteri dan virus yang menyerang tubuh.

12. Mengontrol insulin

Meski memiliki citra rasa asam dan manis yang segar, ternyata buah belimbing mengandung serat tak larut yang bisa mencegah pelepasan glukosa pada makanan. Selain itu, serat dapat membantu mengontrol kadar insulin agar tetap stabil sehingga aman meski dikonsumsi dalam jumlah yang besar.

Setelah membaca ulasan di atas, tentu sekarang kita semakin paham bahwa manfaat buah belimbing ternyata banyak sekali bagi kesehatan, namun juga harus diperhatikan bahwa bisa berbahaya bila dikonsumsi secara berlebih. Jadi, Makanlah buah belimbing secukupnya dan pastikan dalam kondisi segar dan bebas dari bahan pengawet agar mendapatkan manfaatnya.

Related Posts

12 Manfaat Buah Belimbing Untuk Kesehatan
4/ 5
Oleh