Thursday, October 25, 2018

11 Manfaat Buah Bit Untuk Kesehatan

Pernahkah Anda melihat buat bit? Atau mengonsumsi jus yang terbuat dari buah ini?

Meski buah bit bukan berasal dari Indonesia, namun kehadiran buah ini semakin diminati oleh masyarakat setelah tahu begitu banyak manfaat untuk kesehatan yang berasal dari buah ini. Umumnya, buah ini dikonsumsi dengan cara di buat jus.

Kandungan zat buah bit yang bermanfaat untuk tubuh antara lain seperti folat, karbohidrat, serat, magnesium serta vitamin C. Meskipun mempunyai kandungan karbohidrat yang cukup tinggi, namun buah bit mempunyai kandungan kalori dan lemak yang rendah, sehingga buah ini baik untuk program diet.

Bukan hanya itu, selain baik untuk diet, buah bit ternyata juga mampu untuk menangkal, bahkan menyembuhkan berbagai penyakit. Apa saja? Simak ulasan berikut.

Manfaat buah bit untuk kesehatan

Manfaat buah bit untuk kesehatan

1. Menurunkan tekanan darah

Mengonsumsi buah bit dengan cara di jus secara rutin, ternyata mampu menurunkan tekanan darah. Hal ini telah terbukti dari sebuah penelitian yang diterbitkan di Nutrition, menemukan bahwa pria atau wanita yang meminum segelas jus buah bit mengalami penurunan tekanan darah setelah 6 jam kemudian.

2. Mencegah kanker

Kandungan fitonutrien di dalam buah bit, seperti betalains yang mempunyai manfaat untuk menghambat pembentukan karsinogen dan meningkatkan produksi sel imun dan enzim tubuh yang dapat membantu untuk menghentikan produksi sel kanker.

3. Menyehatkan jantung

Para peneliti percaya bahwa kandungan nitrat yang terdapat pada buah bit mampu melemaskan pembuluh darah serta meningkatkan aliran darah dan oksigen ke jantung.

4. Meningkatkan kesehatan seksual

Buah bit biasa disebut sebagai viagra alami, karena kandungan nitrat di dalam buah bit akan melebarkan pembuluh darah dan meningkatkan sirkulasi darah ke alat kelamin. Sehingga ereksi akan berlangsung lebih lama.

5. Menyehatkan sistem pencernaan

Di abad pertengahan, buah bit sering digunakan untuk obat gangguan pencernaan seperti sembelit. Antioksidan dan serat yang ada pada buah bit mampu membantu mengeluarkan tubuh dari zat beracun dan menjaga kesehatan sistem pencernaan lebih optimal.

6. Membantu proses detoksifikasi

Mengonsumsi buah bit bisa melancarkan proses detoksifikasi pada tubuh. Karena buah bit memiliki khasiat menyerap racun yang terdapat pada sistem pencernaan. Buah bit juga dipercaya bisa meningkatkan produksi sel darah merah sehingga kekebalan stamina tubuh terjaga lebih baik.

7. Membantu penurunan berat badan

Buah bit mempunyai kandungan kalori dan lemak, sehingga sangat cocok dimanfaatkan sebagai salah satu makanan alternatif untuk membantu program diet. Tak hanya itu, kandungan karbohidratnya juga dapat membantu tubuh merasa kenyang lebih lama, sehingga proses diet bisa berjalan lebih optimal.

8. Merawat kesehatan rambut

Tak hanya bermanfaat bagi kesehatan tubuh, ternyata buah bit juga bermanfaat untuk membuat rambut lebih sehat atau mengatasi masalah ketombe yang dapat membuat rambut rontok. Caranya cukup mudah, rebuslah buah bit hingga pigmen warna pada umbi keluar. Kemudian, pakai air rebusan tersebut untuk membilas rambut yang ada ketombenya.

9. Mencegah anemia

Salah satu faktor penyebab penyakit anemia yaitu kekurang zat besi dalam tubuh. Dalam buah bit terkandung zat besi yang cukup tinggi, sehingga buah bit sangat baik dikonsumsi oleh orang yang mengidap penyakit anemia.

10. Mengurangi peradangan

Kandungan buah bit, fitonutrien yang biasa dikenal sebagai betalains, betanin, dan vulgaxanthin juga sangat efektif dalam mengurangi peradangan dan memasok tubuh dengan antioksidan. Tak hanya itu, betalain juga dapat mendukung detoksifikasi, yang bisa mengeluarkan racun-racun dalam tubuh akibat peradangan.

11. Meningkatkan kecerdasan otak pada bayi

Selain bermanfaat bagi orang dewasa, ternyata buah bit terbukti membuat bayi menjadi lebih pintar. Sebab, kandungan folat yang ada pada buah bit sangat baik untuk membantu perkembangan otak bayi. Jadi, sangat disarankan bagi ibu hamil untuk mengonusmsi buah bit agar nutrisi janin dalam kandungan tercukupi.

Bagaimana pun, mengonsumsi segala sesuatu yang berlebih itu tidak baik, termasuk dalam megonsumsi buah bit dalam jumlah banyak. Karena terlalu banyak mengonsumsi buah bit justru dapat menurunkan kadar kalsium dalam tubuh yang dapat merusak ginjal. Oleh karena itu, sebaiknya konsumsi buah bit harus sesuai dengan kebutuhan tubuh.

Related Posts

11 Manfaat Buah Bit Untuk Kesehatan
4/ 5
Oleh