Saturday, October 27, 2018

Manfaat Buah Blewah Untuk Kesehatan dan Efek Sampingnya

Manfaat Buah Blewah dan Efek Sampingnya - Salah satu buah yang populer di bulan Ramadan adalah buah blewah. Buah ini sangat segar dan ternyata mempunyai banyak manfaat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh.  Buah yang dagingnya berwarna oren dengan bentuk luar seperti labu ini, memiliki nama latin yaitu cucumis melo var cantalupensis.

Buah blewah sangat mudah untuk didapatkan di pasar-pasar tradisional di Asia Tenggara, contohnya seperti Malaysia dan Indonesia. Cara menikmatinya pun beraneka ragam, anda dapat membuatnya menjadi es, salad dan jus


Manfaat Buah Blewah Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Buah Blewah Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Selain enak dan menyegarkan buah blewah juga berkhasiat untuk menyembuhkan beragam penyakit dan juga baik untuk kecantikan? Ingin tahu? Berikut ini ulasan lengkapnya.

1. Menurunkan kolesterol

Buah blewah mampu menurunkan kolesterol dalam darah sebab buah blewah mengandung vitamin C yang cukup tinggi, yakni 36,7 miligram atau setara dengan 61 persen kebutuhan vitamin C harian manusia. Dengan mengonsumsi buah blewah secara rutin, maka kesehatan kardiovaskuler akan lebih terjaga.

2. Baik untuk kesehatan kulit

Buah-buahan yang berwarna oren seperti labu, ubi jalar, wortel dan tentu saja blewah, merupakan sumber karotenoid (pigmen organik tumbuhan) yang baik untuk mengurangi risiko kanker kulit.

Kandungan Karotenoid pada buah blewah dapat untuk menghilangkan rasa sakit dan kerusakan dari sengatan matahari. Selain itu, juga dapat mencegah tanda-tanda penuaan pada kulit termasuk garis-garis halus, perubahan warna dan keriput. Oleh karena itu, dengan makan buah blewah secara rutin, dapat menjadikan kulit dan wajah tetap sehat.

Baca Juga :  Kandungan Gizi dan Manfaat Timun Suri Untuk Kesehatan dan Kecantikan

3. Menjaga kesehatan mata

Kandungan vitamin A yang cukup tinggi pada buah blewah sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan kedua mata. Karena buah ini mampu memenuhi 68 persen kebutuhan vitamin A harian.

4. Menurunkan berat badan

Manfaat buah blewah untuk kesehatan selanjutnya yaitu mampu menurunkan berat badan. Kandungan rendah gula dan kalorinya sangat baik untuk tubuh. Selain itu, buah ini juga dapat membuatmu merasa kenyang lebih lama.

5. Mencegah kanker

Buah blewah mengandung antioksidan senyawa flavonoid yang cukup tinggi seperti beta karoten, lutein, cryptoxanthin dan zea-xanthin. Zat antioksidan tersebut, berperan penting dalam melindungi tubuh serta sel dan struktur tubuh lainnya dari kerusakan tekanan DNA.

Beberapa penelitian juga telah mengemukakan bahwa buah blewah baik untuk mencegah kanker pada seluruh bagian tubuh karena kandungan antioksidannya.

6. Melancarkan pencernaan

Kandungan air yang melimpah pada buah blewah sangat menghidrasi tubuh. Buah blewah juga baik bagi pencernaan karena bermanfaat untuk membuang racun, mendetoksifikasi tubuh dan membantu usus mencerna makanan dengan baik.

Setelah itu, manfaat buah blewah lainnya yaitu dapat membantu zat karbohidrat yang sulit dicerna sehingga dapat terhindar dari gejala Irritable Bowel Syndrome (IBS) dan gangguan pencernaan lainnya

7. Membuat janin sehat

Buah blewah ternyata juga sangat bermanfaat untuk ibu hamil sebab buah blewah mengandung asam folat yang cukup tinggi. Asam folat ini berguna untuk menjaga dan memproduksi sel-sel baru yang sangat penting bagi kesehatan ibu hamil dan janin.

8. Mencegah penyakit jantung

Manfaat buah blewah yang memiliki kandungan vitamin C yang tinggi, dipercaya mampu mencegah penyakit jantung. Selain itu, RDA (Recommended Dietary Allowance) menyarankan agar mengonsumsi betakaroten sekitar 5-6 mg perhari untuk menjaga kesehatan jantung. Kandungan tersebut dapat dirasakan dengan mengonsumsi buah blewah secara rutin sehingga jantung tetap sehat.

Efek Samping Makan Blewah

Efek Samping Makan Blewah

Untuk saat ini, belum ada studi yang mengungkapkan bahwa buah blewah berbahaya dan menyebabkan efek samping jika dikonsumsi. Tetapi perlu diingat, makanan apapun itu bila dikonsumsi secara berlebihan tentu tidak akan baik untuk kesehatan tubuh.

Baca Juga :  Efek Samping Makan Buah Timun Suri


Jadi, untuk anda yang senang dengan buah ini. Pastikan untuk mengonsumsinya sesuai porsi yang wajar agar anda mendapat kebaikan manfaat dari buah blewah ini. Semoga ulasan tentang manfaat dan efek samping buah blewah bermanfaat bagi gaya hidup sehat anda.

Related Posts

Manfaat Buah Blewah Untuk Kesehatan dan Efek Sampingnya
4/ 5
Oleh