Monday, October 29, 2018

10 Manfaat Buah Blackberry Untuk Kesehatan

Buah blackberry adalah buah beri hitam yang pohonnya banyak tumbuh di bagian timur Amerika Utara dan pantai Pasifik, Eropa Barat serta Kepulauan Inggris. Selain enak dimakan, buah ini mempunyai kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh seperti anthrocyanin, flavonoid dan senyawa fenol.

Di Indonesia buah ini sangat popular dijadikan salad, jus dan bahkan untuk perawatan kecantikan seperti dibuat menjadi masker wajah. Tak heran jika buah blackberry memiliki banyak manfaat yang baik utuk kesehatan. Lalu apa saja manfaat dari buah blackberry untuk kesehatan? Untuk lebih jelasnya simak ulasan berikut ini.

Manfaat buah blackberry untuk kesehatan

Manfaat Buah Blackberry Untuk Kesehatan


1. Meningkatkan daya tahan tubuh

Kandungan vitamin dan mineralnya, dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dengan menonsumsi buah blackberry secara rutin, sangat ampuh untuk melawan berbagai patogen dan melindungi tubuh dari infeksi serta penyakit lainnya.

2. Mengontrol berat badan

Mengonsumsi buah blackberry dapat membantu dalam mengontrol berat badan sebab buah ini mempunyai kandungan gula yang rendah. Selain itu, kadar kalori yang rendah membuat buah ini menjadi cemilan yang menyehatkan.

3. Baik untuk kesehatan tulang

Buah balckberry mengandung mineral yang penting untuk kesehatan tulang seperti magnesium dan kalsium. Kalsium dapat memperkuat tulang sedangkan kandungan magnesium pada buah blackberry dapat mendukung penyerapan kalsium dan kalium dalam tubuh.

4. Mencegah penyakit jantung

Buah blackberry kaya akan serat yang dapat membuat peredaran darah menjadi lebih lancar. Hal ini sangat baik untuk membuang kolesterol jahat pada tubuh karena kolesterol yang menumpuk akan membuat resiko penyakit jantung lebih besar. Konsumsi buah blackberry secara rutin, turut membantu membuang kolesterol yang tidak diperlukan oleh tubuh sehingga membuat jantung tetap sehat.

5. Baik untuk kesehatan ibu hamil

Apakah buah blueberry baik untuk ibu hamil? Ya, sebagai sumber folat alami, buah blackberry baik dalam perkembangan awal otak dan sumsum tulang belakang pada janin sehingga bisa membantu dalam mencegah terjadinya cacat lahir.

6. Melindungi mata

Kandungan lutein yang ada pada buah blackberry dapat berfungsi dalam melindungi mata dari pembentukan pigmen makul, yang merupakan daerah paling sensitif terhadap cahaya dan terletak di bagian belakang retina. Lutein ini bisa membantu mencegah dalam kerusakan mata yang disebabkan oleh radiasi ultraviolet.

7. Menjaga kesehatan kulit


Sudah dibahas sebelumnya bahwa buah blackberry baik digunakan untuk kesehatan kulit salah satunya dengan memanfaatkannya menjadi masker wajah. Selain itu, kandungan vitamin E pada buah ini dapat menjaga kesehatan kulit dan mencegah dari terjadinya penuaan dini.

8. Membantu melawan sel kanker

Tahu tidak? Bahwa buah blackberry mengandung anthocyanin yaitu sekelompok pigmen pada tumbuhan yang memiliki sifat antioksidan. Anthocyanin dapat menghambat pertumbuhan sel tumor dengan baik. Selain itu, buah blackberry juga mengandung flavonoid, yang telah terbukti dan efektif dalam melawan kanker kulit dan kanker paru-paru.

9. Baik untuk pencernaan

Selain buah blackberry baik dalam membantu mempertahankan berat badan. Ternyata kandungan seratnya juga baik untuk kesehatan pencernaan.

10. Mengurangi risiko anemia

Buah blackberry dapat mengurangi risiko terjadinya anemia, sebab kandungan vitamin C pada buah blackberry mampu meningkatkan penyerapan manfaat zat besi yang terdapat dalam makanan yang masuk ke dalam lambung.

Itulah sebagian dari ulasan buah blackberry dan manfaatnya bagi kesehatan. Namun perlu diingat, mengonsumsi buah blackberry dengan rutin dalam jumlah yang wajar akan memberikan manfaat yang maksimal untuk tubuh Anda, begitu pula jika digunakan sebagai media perawatan kecantikan. Semoga informasi ini bermanfaat.

Related Posts

10 Manfaat Buah Blackberry Untuk Kesehatan
4/ 5
Oleh