Tuesday, October 30, 2018

12 Manfaat Buah Buni Untuk Kesehatan

Mungkin masih banyak yang belum tahu apa itu buah buni? Ya, buah buni atau nama latinnya Antidesma bunius yaitu buah yang termasuk dalam buah berry. Buah ini bentuknya mirip seperti anggur bulat kecil dan bergerombolan dengan rasanya yang manis dan asam segar serta biasanya menjadi buah campuran rujak uleg.

Buah buni berasal dari Asia selatan dan timur, serta bagian utara Australia. Buah ini juga kaya akan nutrisi seperti  mineral, serat, zat besi, fosfor, vitamin A, B1,C dan masih banyak lagi. Lalu apa sajakah manfaat buah buni untuk kesehatan? Simak ulasan berikut ini untuk lebih jelasnya.

Manfaat buah buni untuk kesehatan

Manfaat Buah Buni Untuk Kesehatan

   
1. Memperkuat daya tahan tubuh

Buah buni mengandung vitamin C yang baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Vitamin C yang ada pada buah buni cukup tinggi, sehingga juga baik untuk mencegah sariawan dan melindungi tubuh dari berbagai penyakit.

2. Mencegah kanker

Buah buni memiliki kandungan antioksidan yang berfungsi untuk mencegah kanker akibat dari radikal bebas. Adanya kandungan zat antioksidan membuat buah ini dapat mencegah penuan dini yang disebabkan oleh radikal bebas.

3. Baik untuk kesehatan kulit

Buah buni juga bermanfaat untuk kecantikan, kandungan Vitamin C dan E akan bermanfaat menjaga kesehatan kulit karena dapat meningkatkan proses degenerasi, menutrisi kulit, meremajakan kulit serta menghilangkan sel-sel kulit mati. Sehingga kulit akan tampak lebih mulus, putih dan sehat.

4. Mencegah penyakit mata

Buah buni mengandung vitamin A yang tinggi. Kandungan vitamin A ini dapat mencegahi penyakit pada mata terutama rabun atau pandangan mata yang tidak jelas.

5. Memperlancar saluran pencernaan

Buah Buni kaya akan serat, mengonsumsi buah Buni secara rutin akan mencukupi kekurangan serat di dalam tubuh.  Sangat cocok dikonsumsi bagi Anda yang mengalami masalah pada pencernaan. Buah buni juga mampu untuk melancarkan saluran pencernaan dan mencegah sembelit.

6. Obat sipilis

Sebuah penelitian juga telah menemukan khasiat buah buni yaitu sebagai obat sipilis. Anda boleh mencoba buah ini sebagai obat herbal sebelum Anda mengonsumsi obat-obatan kimia, sehingga tidak akan menimbulkan efek samping yang berbahaya.

7. Mencegah hipertensi

Manfaat buni lainnya yaitu untuk mencegah hipertensi. Hal ini telah teruji karena kandungan gizi yang ada pada buah ini mampu mengontrol dan menjaga tekanan darah sehingga dapat mencegah penyakit hipertensi.

8. Mengatasi kolestrol

Buah buni juga telah terbukti dapat membuang kolesterol jahat dalam tubuh yang bisa membuat tubuh mengidap penyakit kronis seperti jantung. Selain itu, dengan tidak adanya kolesterol  maka peredaran darah akan lebih lancar tanpa ada penyumbatan saluran peredaran darah.

9. Obat bisul

Anti inflamasi dalam buah buni dapat dijadikan sebagai obat bisul karena alergi terhadap sesuatu, entah itu makanan atau yang lainnya. Selain itu, buah ini juga bisa jadikan obat penyembuh luka luar.

10. Penambah darah yang baik

Untuk menambah darah secara alami, terutama sel darah merah dalam tubuh diperlukan asupan zat besi yang cukup. Anda bisa memanfaatkan buah ini sebagai penambah darah, karena mempunyai kandungan zat besi yang cukup tinggi.

11. Menyehatkan jantung

Bagi Anda yang memiliki masalah jantung, ternyata buah ini juga berkhasiat untuk mengobati detak jantung yang tidak normal atau terkadang serasa lebih kencang. Anda bisa mengonsumsi buah ini secara langsung atau menjadi makanan olahan.

12. Mencegah diabetes

Kandungan mineral niasin yang ada pada buah buni dapat mengobati penyakit diabetes dan mengontrol kadar gula tinggi. Dengan adanya mineral tersebut penderita diabetes juga dapat mengontrol kadar HbA1c secara efektif.

Itulah sedikit ulasan tentang buah buni dan manfaatnya. Semoga dapat bermanfaat untuk Anda dan selamat mencoba.

Related Posts

12 Manfaat Buah Buni Untuk Kesehatan
4/ 5
Oleh