Sunday, November 25, 2018

Efek Samping Dari Mengonsumsi Buah Matoa

Apa itu buah matoa? Mungkin masih terdengan asing bagi kita jenis buah ini. Padahal, pohon matoa merupakan salah satu tanaman asli Indonesia. Tanaman yang tingginya dapat mencapai 18 meter ini banyak tumbuh di daerah Papua. Uniknya lagi, rasa dari buah matoa seperti campuran dari beberapa buah-buahan yaitu kelengkeng, rambutan dan durian.

Matoa yang mempunyai nama ilmiah Pometia pinnata merupakan buah khas Papua. Di Papua, ada 2 jenis matoa yang terkenal, yaitu matoa kelapa dan matoa papeda.

Perbedaannya bisa dilihat dari bentuk dan tekstur buahnya, untuk matoa kelapa umumnya berwarna hijau dan tekstur daging buahnya kering dan kenyal. Sedangkan matoa papeda, buahnya berwarna merah keunguan dan tekstur dagingnya lembek dan sedikit lengket.


Efek samping buah matoa

Buah matoa juga termasuk buah yang tahan lama dan mempunyai kulit yang keras. Tak hanya itu, buah matoa juga sering dijadikan sebagai oleh-oleh dan bijinya yang mudah tumbuh dimana saja, membuat pohon matoa bisa ditemukan dimana-mana.

Buah khas dari papua ini juga mempunyai banyak kandungan vitamin yang bermanfaat dan baik untuk kesehatan tubuh yaitu buah matoa kaya akan vitamin C dan Vitamin E.

Kandungan vitamin C pada buah matoa ini berguna sebagai antioksidan dan menjaga daya tahan tubuh. Dimana vitamin C berguna untuk mempertahankan sistem kekebalan tubuh kita. Sedangkan vitamin E bisa membantu dalam memelihara kesehatan kulit dan kesuburan pria.

Selain itu juga,buah matoa memiliki kandungan beberapa mineral seperti kalsium dan kalium. Mineral yang kita ketahuhi adalah zat gizi yang diperlukan manusia untuk mendukung dalam proses tumbuh dan berkembang oleh tubuh dalam jumlah yang sangat sedikit.

Dari penjelasan di atas, bisa disimpulkan bahwa buah matoa sangat bermanfaat untuk kesehatan. Untuk itu konsumsilah buah matoa secara rutin dan sesuai dengan asupan yang dibutuhkan oleh tubuh.

Jika tidak, atau bila buah matoa dikonsumsi terlalu banyak maka akan menimbulkan efek samping yang tidak di inginkan dan tentu berbahaya untuk kesehatan. Beberapa efek samping tersebut yaitu membuat anda merasa pusing dan mabuk. Hal ini terjadi karena buah matoa memiliki kandungan glukosa jenuh yang cukup tinngi.

Sehingga, bila ini terjadi pada anda pasti sangat menggagu dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Untuk itu, konsumsilah buah matoa sewajarnya agar anda mendapatkan manfaatnya.

Related Posts

Efek Samping Dari Mengonsumsi Buah Matoa
4/ 5
Oleh