Friday, December 21, 2018

Kandungan Gizi dan Manfaat Buah Duku Untuk Kesehatan

Kandungan dan Manfaat Buah Duku - Buah duku, buah yang berukuran kecil dengan warna kuning kecokelatan ini mudah dijumpai di Indonesia. Rasanya yang asam, manis, dan bisa pahit bila memakan bijinya, membuat buah ini banyak disukai banyak orang.

Buah duku termasuk buah musiman dan hanya dapat dipanen hanya satu kali dalam waktu satu tahun. Selain itu, buah ini sangat cocok ditanam di negara yang mempunyai curah hujan tinggi, seperti Malaysia, Thailand, Filipina dan Indonesia.

Buah duku berasal dari Asia Tenggara dengan nama latinnya Lansium domesticum Corr. dan termasuk spesies pohon dalam keluarga Mahoni. Tidak hanya dikenal memiliki rasa yang enak menyegarkan, tetapi juga memiliki segudang manfaat yang baik untuk kesehatan.


Kandungan Gizi Buah Duku 

Kandungan Gizi Buah Duku

Selain serat yang tinggi, buah duku mempunyai banyak kandungan gizi yang baik untuk tubuh. Berikut ini adalah kandungan gizi buah duku untuk setiap 100 g dan hanya sekitar 64% saja buahnya yang bisa dimakan.
  • Kalori – 70 g 
  • Protein – 1.0 g 
  • Lemak – 0.2 g 
  • Karbohitrat – 13 g 
  • Kalsium – 18 mg 
  • Posfor – 9 mg 
  • Zat Besi – 0.9 mg 
  • Vitamin – 0.05 mg 
  • Vitamin C – 1.9 mg 
  • Air - 82 g 
  • Mineral – 0.7 g 
Sumber : hortikultura.litbang.pertanian.go.id 

Manfaat Buah Duku Untuk Kesehatan 

Manfaat buah duku untuk kesehatan

Selain bentuknya yang kecil dan sering dijadikan makanan pencuci mulut. Buah duku memiliki nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan. Apa saja manfaat-manfaat tersebut? Simak ulasan berikut ini.

1. Melancarkan sistem pencernaan 

Kandungan serat buah duku sangat tinggi, bahkan kandungan tersebut sama tingginya seperti buah pisang maupun pepaya. Karena kandungan seratnya ini, buah duku sangat bermanfaat bagi sistem pencernaan untuk tubuh anda.

Dengan lancarnya sistem pencernaan, maka berbagai macam penyakit dapat dicegah seperti sembelit, bahkan yang paling parah adalah penyakit kanker kolon yang disebabkan adanya penumpukan kotoran yang tidak dikeluarkan dalam tubuh.

Baca Juga : Kandungan Gizi dan Manfaat Buah Sawo Untuk Kesehatan Tubuh

2. Sumber antioksidan 

Buah duku mempunyai mengandung vitamin C. Kandungan vitamin in berperan sebagai antioksidan. Antioksidan sendiri merupakan sebuah nutrisi yang berfungsi untuk mencegah tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh adanya radikal bebas.

Kerusakan ini umumnya disebabkan oleh proses pencernaan yang mengubah makanan menjadi energi di dalam tubuh. Antioksidan juga berperan untuk mencegah tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh polusi ataupun zat beracun.

3. Menjaga kesehatan gusi 

Buah duku memiliki kandungan vitamin D. Vitamin ini sangat bermanfaat sekali, khususnya untuk menjaga kesehatan gusi anda. Karena bagian dalam mulut ini memang sangat rawan terkena berbagai macam masalah seperti gusi berdarah, iritasi dan sariawan yang membuat membuat selera makan anda menghilang.

Pada akhirnya, tubuh akan mengalami kekurangan nutrisi. Untuk mencegahnya, anda bisa dengan mengonsumsi buah duku secara langsung.

4. Mengobati gigitan serangga 

Khasiat buah duku untuk kesehatan tidak terbatas dari daging buahnya saja. Ternyata, Kulit kayu dari buah duku juga memiliki khasiatnya yang sangat bermanfaat. Pada kulit kayu tersebut terdapat sejenis bubuk putih. Bubuk ini bisa digunakan untuk mengobati berbagai macam gigitan serangga.

Cara penggunaannya cukup dengan mengambil bubuk tersebut dan mengoleskan pada bagian tubuh yang terkena gigitan serangga. Bukan hanya untuk serangga saja, bubuk dari kulit kayu pohon duku juga bisa digunakan sebagai obat untuk menyembuhkan bekas gigitan dari kalajengking.

5. Mengobati diare 

Diare merupakan salah satu penyakit saluran pencernaan yang umum terjadi pada kebanyakan orang. Penyakit ini terjadi disebabkan karena adanya infeksi bakteri, parasit, maupun virus. Untuk mengobatinya, salah satunya anda bisa menggunkan minuman ramuan dari kulit buah duku yang telah di keringkan terlebih dahulu.

6. Mencegah penuan dini 

Salah satu faktor penyebab penuaan dini yaitu karena adanya radikal bebas. Buah duku mempunyai kandungan vitamin C yang sangat baik untuk menjaga tubuh dari serangan radikal bebas. Vitmain C juga sangat bermanfaat untuk melindungi asam nukleat, protein lipid dan karbohidrat dari adanya kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas, polusi ataupun racun.

Baca Juga : Jangan Makan Buah Duku Berlebih, Ini Bahayanya

7. Mengobati penyakit tumor 

Sementara itu, bagian daunnya dapat dipergunakan untuk mengobati penyakit tumor. Cukup ambil 5 sampai dengan 7 lembar daun duku, lalu masak dengan air hingga mendidih. Pisahkan air dari daunnya dengan menggunakan saringan. Kemudian, minum satu gelas sehari, saat airnya masih hangat. Untuk menyembuhkan penyakit tumor, minumlah ramuan ini secara rutin.

Bukan hanya buahnya, tetapi hampir bagian tanaman pada buah duku memiliki manfaat yang tak terduga. Bila anda memiliki salah satu masalah kesehatan yang ada seperti diatas, anda bisa memanfaatkan bagian yang ada pada tanaman duku seperti buahnya sebagai pengobatan alternatif.

Related Posts

Kandungan Gizi dan Manfaat Buah Duku Untuk Kesehatan
4/ 5
Oleh