Friday, December 21, 2018

Jangan Makan Buah Duku Berlebih, Ini Bahayanya

Bahaya Buah Duku - Tahukan buah duku? Duku, buah jenis ini merupakan buah yang berasal dari Asia tenggara. Buah ini sendiri memiliki berbagai kandungan yang  baik untuk kesehatan, mulai dari karbohidrat, protein, kalsium, fosfor hingga vitamin.

Di Indonesia, buah duku sangat populer khususnya jenis duku Palembang dan tidak sedikit orang yang menyukainya karena rasanya yang enak dan menyegarkan. Walaupun bentuknya kecil, buah duku memiliki banyak manfaat yang tak terduga seperti bisa dijadikan obat diare.

Tapi, tahuhkah anda jika makan buah duku berlebih akan berakibat buruk bagi kesehatan? Lantas, apa sajakah efek samping buah duku tersebut? Untuk mengetahuinya, anda dapat menyimak ulasan berikut ini.


Bahaya Buah Duku Untuk Kesehatan

Bahaya buah duku untuk kesehatan

Mencegah itu lebih baik daripada mengobati, bila anda menyukai buah duku maka jangan memakannya terlalu banyak. Karena dapat berdampak buruk bagi kesehatan anda. Adapun efek buruk buah duku yaitu sebagai berikut.

1. Menambah berat badan

Benarkah buah duku bisa bikin gemuk? Jawaban tentu saja bisa. Buah duku adalah buah yang memiliki kandungan karbohitrat tinggi, layaknya seperti nasi. Makanan yang mengandung karbohitrat tinggi bila di konsumsi terlalu banyak maka akan membuat berat badan bertambah.

Untuk itu, jika anda tidak mnginginkan berat badan anda menjadi gemuk akibat konsumsi buah duku maka jangan mengonsumsinya secara berlebihan.

Baca Juga : 12 Manfaat Buah Belimbing Untuk Kesehatan

2. Menyebabkan magg

Sakit magg bisa terjadi kepada siapa saja dan kapan pun. Salah satu penyebabnya yaitu makanan yang kita konsumsi. Jika anda pernah menderita penyakit ini, sebaiknya anda mengawasi setiap makanan yang anda makan.

Hindarilah makanan yang susah dicerna dan mengandung gas, salah satunya yaitu buah duku. Maka dari itu, makanlah duku sewajarnya saja dan jangan konsumsi duku dalam porsi yang banyak sekaligus.

3. Meningkatkan risiko diabetes

Seperti yang telah diketahui, penderita diabetes sangat dianjurkan untuk konsumsi makanan dengan serat tinggi bisa saja dari buah-buahan seperti jeruk, jambu, pepaya, dan sebagainya. Tetapi, perlu diketahui bahwa buah duku merupakan jenis buah-buahan yang mengandung fruktosa.

Buah jenis ini dapat meningkatkan kadar gula dalam darah. Untuk penderita diabetes, sangat dilarang memiliki kadar gula yang tinggi. Sebab akan memperparah penyakit ini. Oleh karena itu, jika anda penderita diabetes hindarilah makan buah duku.

4. Meningkatkan kadar trigliserida

Trigliserida merupakan salah satu jenis lemak yang ada pada tubuh. Trigliserida sendiri berasal dari makanan atau minuman yang dikonsumsi oleh seseorang. Dengan tingginya kadar trigliserida pada tubuh, maka seseorang akan lebih berisiko terkena stroke, serangan jantung, dan penyakit jantung lainnya.

Meskipun buah duku baik untuk kesehatan seperti gigi dan gusi, buah ini ternyata dapat meningkatkan level trigliserida. Untuk itu, bila anda tidak ingin level trigliserida naik yang dapat meningkatan terkena penyakit berhubungan dengan jatung maka jangan konsumsi buah duku secara berlebihan.

Baca Juga : Kandungan Gizi dan Manfaat Buah Duku Untuk Kesehatan

5. Berbahaya untuk penderita kanker

Tidak semua makanan bagi penderita kanker dapat dikonsumsi. Beberapa diantaranya yaitu buah-buahan seperti nangka, nanas, durian lengkeng dan anggur. Duku juga termasuk dalam salah satu buah yang sebaiknya dihindari oleh penderita kanker. Ini karena, buah ini menghasilkan alkohol yang dapat memicu kembalinya sel kanker.

Bagaimana? Banyak bukan, bahaya yang di dapat dari makan buah duku secara berlebihan. Jika anda tidak ingin mengalami efek samping akibat yang didapat dari konsumsi buah duku, menghindarinya adalah langkah yang tepat.

Related Posts

Jangan Makan Buah Duku Berlebih, Ini Bahayanya
4/ 5
Oleh