Saturday, December 29, 2018

10 Manfaat Buah Takokak Untuk Kesehatan

Manfaat Buah Takokak - Buah takokak merupakn buah yang terkenal karena khasiatnya sebagai tanaman herbal untuk pengobatan organ mata, termasuk mata rabun, katarak dan masalah mata lainnya. Buah ini sangat cocok untuk menyehatkan mata anda.

Buah takokak memiliki warna hijau dengan ukuran dan bentuknya kecil dan bulat. Pohonnya kecil dan juga memiliki duri dengan rasa buahnya cukup pahit. Buah takokak merupakan jenis buah yang lebih baik untuk diolah lagi daripada dikonsumsi secara langsung karena rasanya yang pahit tersebut.

Siapa sangka jika buah dengan rasa pahit ini mengandung banyak nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh. Buah ini setidaknya mengandung cukup banyak solasonin, torvogenin, vitamin A, sisalogenone, dan juga chlorogenin.

Kebanyakan orang hanya tahu bahwa buah takokak sangat baik untuk kesehatan mata. Lantas, apa saja manfaat atau khasiat buah takokak selain untuk kesehatan mata? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Manfaat Buah Takokak Untuk Kesehatan

Manfaat buah takokak untuk kesehatan

Selain dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit mata. Berikut ini adalah khasiat atau manfaat yang bisa didapatkan dari mengonsumsi buah takokak.

1. Mengatasi asam urat

Khasiat takokak yang pertama buah takokak yaitu dapat dijadikan obat herbal dalam mengatasi asam urat. Buah ini akan membantu anda dalam mengurangi gejala-gejala asam urat, sehingga anda akan menjadi lebih baik dan sehat.

Baca Juga :  Mengenal Buah Kenitu dan Manfaatnya

2. Obat bisul

Khasiat takokak berikutnya dapat dimanfaatkan sebagai obat bisul. Buah mampu meredakan peradangan yang ditimbulkan akibat bisul. Kandungan buah ini mampu mengempiskan bisul yang bengkak pada kulit anda.

3. Mengatasi radang payudara

Manfaat takokak untuk payudara yaitu dapat menyembuhkan peradangan payudara. Payudara merupakan bagian tubuh wanita yang memiliki potensi lebih besar untuk terserang radang. Konsumsilah buat ini secara rutin untuk menjaga kesehatan payudara anda.

4. Obat wasir

Selain dapat dijadikan sebagai obat bisul, buah takokak ternyata juga dapat digunakan sebagai obat wasir. Anda dapat merebus buah ini lalu mengonsumsi air rebusannya secara rutin setiap hari. Karena kandungan nutrisi yang ada pada buah ini dapat meredakan penyakit wasir.

5. Meredakan flu

Buah takokak juga sudah terbukti akan khasiatnya dalam menyembuhkan flu. Buah ini mampu mengusir virus penyebab flu yang menyerang tubuh anda. Caranya, rebuslah beberapa buah takokak dan minumlah air rebusannya yang masih hangat ketika anda sedang sakit flu.

6. Menormalkan jantung berdebar

Jantung yang berdebar cepat dan tidak teratur akan membuat peredaran darah menjadi tidak stabil. Hal ini bisa menimbulkan berbagai penyakit jantung lainnya. Khasiat takokak untuk jantung yaitu bisa menormalkan jantung berdebar sehingga lebih stabil dan tenang.

7. Melancarkan peredaran darah

Buah takokak juga dapat bermanfaat untuk melancarkan peredaran darah. Ternyata dengan mengonsumsi buah ini secara teratur, maka adanya penyumbatan pembuluh darah dapat dicegah, sehingga aliran darah ke seluruh tubuh akan menjadi lancar.

8. Mengatasi tulang keropos

Osteoporosis bisa diatasi dengan mengonsumsi buah takokak secara rutin. Karena kandungan buah ini dapat menguatkan dan memadatkan tulang anda, sehingga penyakit pengeroposan tulang dapat dihindari. Selain tulang, buah takokak juga dapat menguatkan gigi.

9. Meredakan sakit pinggang

Selanjutnya manfaat dari buah takokak yaitu meredakan sakit pinggang. Orang yang sering bekerja dalam situasi yang berat-berat, maka akan sering mengalami sakit pinggang. Untuk meredakannya, cukup dengan mengonsumsi buah ini secara teratur.

10. Obat penyakit liver

Buah takokak juga sering diolah menjadi obat yang ampuh untuk mengatasi penyakit liver. Bagian tubuh yang satu ini memang lebih banyak terkena racun yang masuk ke dalam tubuh. Dengan mengonsumsi buah ini secara teratur, penyakit liver anda bisa disembuhkan.

Baca Juga : Efek Samping Terlalu Banyak Mengonsumsi Buah Takokak

Itulah beberapa manfaat dari buah takokak untuk kesehatan. Tetapi, alangkah baiknya bila anda dapat mencegah penyakit-penyakit tersebut dengan pola hihdup sehat. Karena pola hidup yang sehat akan sangat menguntungkan anda nantinya di masa depan, sehingga dapat hidup lebih baik.

Related Posts

10 Manfaat Buah Takokak Untuk Kesehatan
4/ 5
Oleh