Wednesday, January 9, 2019

Manfaat Dan Bahaya Buah Naga Untuk Ibu Hamil

Buah Naga Untuk Ibu Hamil - Buah naga atau biasa disebut pitaya merupakan buah yang awalnya berasal dari Meksiko, Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Namun sekarang, buah ini telah banyak dibudidayakan hampir di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Jenis buah naga yang populer ada dua yaitu jenis buah naga merah dan putih. Selain itu, bentuk dan rasanya yang unik membuat buah ini banyak digemari banyak orang.

Mungkin bagi anda yang sedang hamil, akan bertanya-tanya tentang buah ini. Apakah buah naga baik untuk ibu hamil ? Sebenarnya, tidak ada larangan sama sekali untuk mengonsumsi buah naga saat hamil, termasuk dokter sekalipun. Bahkan ibu hamil sangat dianjurkan untuk mengonsumsi buah naga selama dalam porsi yang wajar.

Tak hanya itu, kandungan yang terdapat pada buah naga seperti protein, kalsium, vitamin B dan vitamin C merupakan kandungan nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan ibu hamil maupun pertumbuhan janin.


Manfaat Buah Naga Untuk Ibu Hamil

Manfaat Dan Bahaya Buah Naga Untuk Ibu Hamil dan Janin

Manfaat dari buah naga sudah tidak diragukan lagi bagi orang yang suka mengonsumsinya, apalagi ibu hamil. Ingin tahu apa saja manfaatnya untuk ibu hamil? Anda dapat menyimak ulasannya berikut ini.

1. Mencegah cacat lahir pada bayi

Selama masa kehamilan, asam folat adalah nutrisi yang sangat penting. Buah naga mempunyai kadar asam folat dalam jumlah yang banyak, sehingga dapat membantu melindungi bayi anda terlahir dari keadaan cacat.

Selain itu, kandungan nutrisi B1, B2 dan B3 serta vitamin-vitamin yang ada pada buah naga sangat bermanfaat sekali dalam pertumbuhan dan perkembangan janin anda.

2. Menguatkan tulang janin

Kandungan kalsium pada buah naga dapat membantu menguatkan tulang janin dan juga gigi sang ibu selama masa kehamilan. Selain itu juga kalsium dan fosfor yang ada pada buah ini juga bisa membantu perkembangan tulang janin untuk lebih baik.

3. Meningkatkan hemoglobin saat hamil

Seperti yang telah diketahi, buah naga mempunyai kandungan zat besi dan vitamin c yang cukup banyak. Dimana kandungan tersebut dapat meningkatkan hemoglobin anda secara substansial selama masa kehamilan.

Karena, bila terjadi kekurangan hemoglobin pada tubuh maka dapat mengalami penyakit anemia. Apabila penyakit ini terjadi saat anda hamil, maka akan meningkatkan risiko terjadinya pendarahan, preeklampsia, dan infeksi.

Baca Juga : 20 Buah Penambah Darah untuk Penderita Anemia

4. Mencegah kanker

Kandungan antioksidan dan vitamin C yang cukup tinggi pada buah naga dapat mencegah tubuh terhindar dari radikal bebas. Selain itu juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan mencegah risiko perkembangan kanker selama masa kehamilan.

Tak hanya itu saja, kandungan karoten yang ada pada buah ini sangat bergizi dalam memberikan manfaat untuk anti-karsinogenik dan bisa menghambat adanya pertumbuhan tumor.

5. Sumber lemak sehat untuk bayi

Lemak yang ada pada buah naga, tidak hanya memberikan energi pada ibu hamil tetapi juga membantu membantu perkembangan otak bayi anda sebelum lahir. Dimana,  satu porsi buah buah naga mempunyai kandungan lemak setara dengan 0.1 sampai 0.6 gram,dan merupakan lemak tak jenuh.

6. Mencegah infeksi bakteri

Sifat antibakteri dan juga antijamur dari buah naga dapat menghambat pertumbuhan infeksi bakteri dan jamur di dalam sistem organ serta membantu melawan infeksi bakteri dan jamur yang berbahaya selama masa kehamilan. Selain itu, dengan mengonsumsi buah naga saat hamil maka akan meningkatkan regenerasi sel dan penyembuhan luka secara efektif.

7. Melancarkan pecernaan

Perlu anda ketahui, kandungan serat dalam buah naga dapat membantu melancarkan pencernaan dan mencegah risiko terjadinya masalah sembelit saat hamil. Tak hanya itu, nutrisi dalam buah ini juga memberikan efek pembersihan dan mencegah perkembangan beberapa masalah pencernaan.

8. Sumber energi yang baik

Karbohidrat adalah sumber energi yang sangat penting yang dibutuhkan untuk pertumbuhan janin. Buah naga merupakan sumber karbohidrat alami yang memberi energi  yang cukup saat hamil. Hanya dengan konsumsi 100 gram buah naga maka dapat memberi anda sekitar 9 hingga 14 gram karbohidrat.

Baca Juga : Manfaat Buah Naga Untuk Radang Tenggorokan

9. Mengatasi dehidrasi

Secara umum, kandungan kadar air buah naga yaitu sekitar 90%. Biasanya saat hamil, wanita rentan terkena dehidrasi karena kebutuan air pada tubuh meningkat. Dengan mengonsumsi buah naga, selain dapat menghilangkan dehidrasi saat hamil juga dapat memenuhi kebutuhan cairan pada tubuh.

Bahaya Buah Naga Untuk Ibu Hamil

Buah naga memang sudah terbukti akan manfaatnya untuk ibu hamil, apabila mengonsumsinya secara rutin. Mungkin anda ingin tahu apakah buah naga berbahaya untuk ibu hamil? Untuk saat ini masih belum ada literatur yang menjelaskan bahwa buah naga berbahaya bila dikonsumsi.

Jadi, bagi anda yang sedang hamil tidak perlu khawatir untuk mengonsumsinya. Tetapi, saat mengonsumsinya jangan terlalu banyak, karena semua yang berlebihan pastilah tidak baik untuk kesehatan.

Berbagai Olahan Buah Naga Untuk Ibu Hamil

Saat hamil, banyak cara dalam mengolah buah naga yang dapat anda lakukan. Anda bisa memakannya secara langsung atau membuatnya terlebih dahulu menjadi jus segar. Selain itu, anda bisa mencobanya dengan mencampurkannya ke yoghurt atau membuatnya menjadi salad bersamaan dengan buah-buahan lainnya.

Itulah ulasan singkat tentang buah naga untuk ibu hamil. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda. Sekian dan terima kasih.

Related Posts

Manfaat Dan Bahaya Buah Naga Untuk Ibu Hamil
4/ 5
Oleh