Wednesday, January 9, 2019

10 Buah Pengganti Nasi Yang Bagus Untuk Diet Sehat

Buah Pengganti Nasi Untuk Diet - Mungkinkah ada makanan yang baik untuk dijadikan sebagai pengganti nasi dalam menunjang program diet anda? Nasi merupakan makanan yang sangat populer dan menjadi makanan pokok  di beberapa negara, termasuk Indonesia.

Sebenarnya terlalu banyak makan nasi juga tidak baik untuk kesehatan. Menurut pakar kesehatan, ternyata makan terlalu banyak nasi dapat mengakibatkan gula darah naik dengan cepat. Akibatnya, tubuh bisa saja mengalami resistensi insulin yang berdampak mimucu terjadinya penyakit diabetes.

Selain itu, nasi tidak cocok bila dijadikan sebagai sumber asupan gizi utama untuk menurunkan berat badan. Karena nasi mengandung kadar glukosa yang cukup tinggi. Sebagai alternatif, anda bisa mengonsumsi buah-buahan.

Kenapa harus buah? Karena buah kaya akan kandungan serat. Kandungan serat tersebut telah terbukti mampu membuat kenyang lebih lama. Sehingga anda akan makan lebih sedikit dalam waktu satu hari.

Selain itu, buah juga tinggi akan kandungan vitamin dan mineral, serta rendah kalori dan lemak. Karena hal itulah, buah sangat baik untuk membatu program diet sehat anda dalam mendapatkan bentuk badan yang ideal.


Buah-buahan Pengganti Nasi Untuk Diet

10 Buah Pengganti Nasi Yang Bagus Untuk Diet Sehat

Buah apa saja yang bagus dalam membantu mensukseskan program diet? Berikut ini sepuluh buah yang baik untuk diet sehat anda.

1. Apel

Buah apel sebagai pengganti nasi untuk diet

Apel merupakan salah satu buah yang mempunyai kandungan serat dan antioksidan cukup tinggi sehingga ampuh untuk membakar lemak tubuh. Selain itu, rasanya yang enak menyegarkan, buah apel juga dapat membuat anda tetap bertenaga dalam menjalankan aktivitas.

Nah, bila anda ingin menurunkan berat badan dengan bantuan apel, anda dapat makan apel terlebih dahulu setengah jam sebelum anda mulai makan. Ini karena buah apel dapat membantu anda untuk makan lebih sedikit.

2. Buah Naga

Buah naga sebagai pengganti nasi untuk diet

Buah naga atau biasa dipanggil pitaya adalah buah yang banyak tumbuh di daerah tropis dan subtropis seperti di Amerika Selatan dan Asia, termasuk Indonesia. Seperti dengan namanya, kulit buah naga ini bentuknya menyerupai sisik naga yang merupakan hewan mitos.

Salah satu dari manfaat buah naga yaitu bisa menurunkan berat badan dan mengontrol nafsu makan bagi orang mengonsumsinya. Kenapa? karena buah naga ini kaya akan serat dan sangat rendah kalori, sehingga anda akan membuat kenyang lebih lama, dibandingkan dengan buah-buah lainnya.

Baca Juga :  Manfaat Dan Bahaya Buah Naga Untuk Ibu Hamil

3. Kiwi

Buah kiwi sebagai pengganti nasi untuk diet

Pada buah kiwi terdapat kandungan pigmen yang disebut chlorophyll, dimana kandungan tersebut membuat buah kiwi berwarna hijau. Selain itu, kiwi dapat diubah menjadi sebuah senyawa yang mempunyai kemampuan mengikat kanker. Dimana satu buah kiwi sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan konsumsi vitamin C orang dewasa.

Tak hanya itu, mengonsumsi satu buah kiwi di pagi hari juga dapat menunda rasa lapar. Karena buah kiwi memiliki kandungan serat dan vitamin E yang cukup banyak daripada buah pisang, sehingga buah kiwi sangat bagus untuk diet sehat.

4. Anggur

Buah anggur sebagai pengganti nasi untuk diet

Anggur memiliki kandungan phytochemical pada kulitnya yang disebut resveratrol dan telah terbukti dapat meningkatkan kesehatan jantung, antikanker, antibakteri, dan mengandung antioksidan. Tak hanya itu, anggur jenis anggur merah bisa melancarkan program diet sehat anda.

Karena buah anggur mempunyai banyak kandungan vitamin C dan vitamin E yang berguna sebagai sumber energi pada tubuh, membuat anda tidak akan lemas jika banyak mengonsumsi buah anggur saat diet sehat.

5. Pisang

Buah pisang sebagai pengganti nasi untuk diet

Pisang merupakan buah yang sangat populer di dunia. Di Indonesia, pisang sudah biasa dijadikan buah yang disajikan setelah makan. Selain karena mudah didapat, pisang juga mengandung nutrisi-nutrisi yang diperlukan oleh tubuh.

Selain itu, buah pisang ternyata buah yang dapat membuat kenyang karena memiliki kandungan serat yang cukup banyak. Satu buah pisang yang ukurannya sedang saja mengandung serat sebanyak 3.1 gram.

Jadi, bagi anda yang menjalankan program diet dan ingin mengurangi makan nasi bahkan menghindarinya, buah pisang dapat dapat dijadikan salah satu alternatifnya.

Baca Juga : 22 Jenis Pisang Di Indonesia Beserta Gambarnya

6. Stroberi

Buah stroberi sebagai pengganti nasi untuk diet

Buah stroberi merupakan buah yang berbentuk mungil dengan rasa sedikit masam. Buah yang satu ini ternyata dapat membantu penurunan berat badan. Dimana Kandungan serat yang tinggi pada buah ini dapat membuat anda kenyang lebih lama.

Apabila anda konsumsi stroberi maka anda akan lebih sedikit untuk mengonsumsi makanan berat. Untuk mengonsumsinya, anda bisa memakannya secara langsung atau membuatnya menjadi jus yang menyegarkan.

7. Nanas

Buah nanas sebagai pengganti nasi untuk diet

Semua orang pasti sudah tahu dengan buah nanas. Buah yang memiliki bentuk khas dan unik dengan rasanya yang masam ini ternyata sangat baik dalam membantu melancarkan program diet anda dengan cepat.

Dimana dengan mengonsumsi buah nanas, maka dapat  memperlancar sistem pencernaan tubuh sehingga semua kotoran yang ada pada tubuh dapat dibuang. Karena itu, buah nanas sangat efektif dalam menurunkan berat badan anda.

8. Alpukat

Buah alpukat sebagai pengganti nasi untuk diet

Anda dapat menjadikan alpukat sebagai alternatif makanan pengganti nasi saat anda sedang melakukan program diet. Pasalnya alpukat mempunyai kanddungan lemak yang baik untuk dikonsumsi. Dimana kandungan lemak yang dimiliki oleh alpukat yaitu lemak nabati tak jenuh tunggal.

Jenis lemak tersebut merupakan jenis lemak  yang baik karena sifatnya sangat mudah dibakar dan diubah menjadi energi. Berbeda dengan lemak jenuh yang sifatnya cenderung mengedap pada tubuh.
Karena hal ini, mengonsumsi alpukat membuat anda kenyang lebih lama. Sehingga, alpukat merupakan pilihan terbaik bagi anda yang sedang melalukan diet.

9. Pir

Buah pir sebagai pengganti nasi untuk diet

Buah pir mengandung banyak serat jika dimakan bersamaan dengan kulitnya. Satu buah pir sedang yang kita makan dengan kulitnya mengandung 5.5 gram serat. Jika anda tidak tertarik dengan buah apel, pir mungkin bisa anda  jadikan penggantinya.

Bahkan, pir mengandung serat yang sedikit lebih banyak daripada apel, sehingga dapat membantu anda  merasa kenyang lebih lama.

10. Raspberry

Buah raspberry sebagai pengganti untuk diet

Raspberry atau frambos merupakan salah satu buah yang kaya akan kandungan serat. Satu gelas raspberry saja mengandung serat sekitar 8 gram, ini memberikan sekitar 1/3 kebutuhan serat harian anda. Bila setiap hari anda makan satu gelas raspberry, mungkin anda dapat memenuhi kebutuhan serat anda.

Dimana bahwa serat mampu memperlambat proses pencernaan sehingga anda akan merasa kenyang lebih lama. Selain kaya akan serat, raspberry juga memiliki kandungan antioksidan dan vitamin C, yang tentu baik untuk tubuh.

Baca Juga : Manfaat Dan Kandungan Buah Frambos

Itulah beberapa buah yang bisa anda jadikan alternatif untuk pengganti nasi dalam menurunkan berat badan. Semoga informasi ini bermanfaat bagi anda. Selamat mencoba.

Related Posts

10 Buah Pengganti Nasi Yang Bagus Untuk Diet Sehat
4/ 5
Oleh