Tuesday, February 12, 2019

Efek Samping Dari Konsumsi Buah Goji Berry Secara Berlebihan

Sudah tidak diragukan lagi bahwa buah-buahan memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh. Maka tak heran bila para ahli kesehatan menyarankan untuk mengonsumsi buah-buahan setiap hari. Ada banyak jenis buah yang baik untuk dikonsumsi, salah satunya adalah buah goji berry.

Buah goji berry merupakan salah satu buah yang dikenal dengan nama  wolfberry. Seperti yang tela diketahui bahwa buah goji berry sangat baik untuk kesehatan dan kecantikan sejak 2000 tahun lalu karena  mengandung antioksidan yang tertinggi di bumi. Buah ini dipercaya mampu mencegah berbagai macam penyakit seperti penyakit pada mata dan kanker.


Efek Samping Buah Goji Berry

Efek samping goji berry

Meskipun mempunyai banyak manfaat, jika buah goji berry dikonsumsi terlalu banyak atau berlebihan, maka akan menimbulkan efek samping yang berbahaya untuk kesehatan tubuh. Efek samping tersebut diantaranya:

1. Dapat mengganggu kualitas tidur dan pola tidur

Buah goji berry disarankan untuk dikonsumsi ketika siang hari saja. Karena ketika dikonsumsi saat malam hari maka dapat mengganggu pola tidur anda. Dimana anda akan susah untuk tidur, hal ini terjadi bila anda mengonsumsinya secara berlebihan.

2. Alergi serbuk sari

Jika anda mengonsumsi buah goji berry terlalu banyak maka salah satu akibatnya anda bisa terkena alergi serbuk sari. Orang-orang yang menderita alergi serbuk sari mungkin harus mengadapi masalah kesehatan yang serius seperti bersin, mengi, hidung tersumbat dan gatal-gatal. Jadi konsumsilah buah goji berry secara wajar.

Baca Juga : Buah Murbei : Kandungan Gizi, Manfaat dan Efek Sampingnya

3. Menyebabkan hipertensi

Selain dapat menyebabkan alergi serbuk sari, buah goji berry bila dikonsumsi terlalu banyak juga dapat mengganggu kadar tekanan darah tubuh yang dapat menyebabkan hhipertensi.

4. Gangguan pencernaan

Semua makanan bila dikonsumsi secara berlebihan tentu dapat menyebabkan gangguan pencernaan begitu juga dengan konsumsi buah goji berry terlalu banyak. Ganguan pencernaan yang dapat diderita dari makan buah goji berry terlalu banyak yaitu mulai dari mual, muntah hingga diare.

5. Menyebabkan pusing

Buah goji berry yang mempunyai berwarna merah ini mengandung atropin dalam jumlah yang cukup tinggi. Akibat berlebihan konsumsi buah goji berry, maka kepala anda akan mudah merasa pusing yang membuat penglihatan menjadi tidak jelas, kabur dan bahkan berhalusinasi.

6. Bahaya untuk ibu hamil

Buah goji berry diketahui mempunyai kandungan selenium yang tinggi. Jadi bila ibu hamil mengonsumsinya secara berlebihan maka akan menyembabkan dampak yang berbahaya bagi janin yaitu bayi bisa lahir dalam keadaan cacat. Sehingga disarankan untuk ibu hamil mengonsumsi buah goji berry dalam porsi yang wajar.

7. Meningkatkan aliran darah

Buah goji berry bisa meningkatkan aliran darah di dalam tubuh. Ketika dimakan secara berlebihan, kecepatan aliran darah dapat naik melampaui batas normal. Akibatnya, menyebabkan kondisi yang merugikan seperti hemophiliac bagi orang yang berusia lanjut.

8. Hiperaktif

Konsumsi buah goji berry berlebihan dapat mempengaruhi tingkat energi seseorang. Walaupun peningkatan energi, sampai taraf tertentu baik untuk melakukan aktivitas, terlalu banyak energi dapat membuat anda lebih hiperaktif dan mudah gelisah, sehingga dapat menyebabkan gangguan dalam konsentrasi dan pola hidup anda.

Baca Juga : Manfaat Buah Goji Berry Untuk Kesehatan Tubuh

9. Tidak baik dikonsumsi bersamaan obat diabetes

Bila anda terkena penyakit diabetes tidak disarankan untuk mengonsumsi buah goji berry ini. Alasannya pasien diabetes harus mengambil dosis obat harian untuk menjaga kadar gula darah di bawah kontrol. Sedangkan buah goji berry diketahui dapat mempengaruhi fungsi pankreas dan produksi insulin. Kedua reaksi tersebut sangat berlawanan. Itulah sebabnya pasien diabetes dilarang mengkonsumsi buah berry jenis ini.

Itulah beberapa efek samping dari makan buah goji berry secara berlebihan. Semoga informasi ini bermanfaat bagi anda.

Related Posts

Efek Samping Dari Konsumsi Buah Goji Berry Secara Berlebihan
4/ 5
Oleh