Tuesday, February 12, 2019

Manfaat Buah Goji Berry Untuk Kesehatan Tubuh

Tahukan anda apa itu buah goji berry? Buah goji berry atau juga dikenal dengan nama wolfberry, mempunyai latin yaitu Lycium barbarum. Manfaat atau khasiat dari buah ini sudah dikenal sejak 2000 tahun lalu oleh orang Asia, khususnya china.

Buah goji berry, secara luas sudah banyak diperjual-belikan di Indonesia maupun malaysia dalam bentuk goji berry yang telah dikeringkan. Biasanya cara mengonsumsinya yaitu diolah terlebih dahulu menjadi minuman seperti jus.


Kandungan Buah Goji Berry

Khasiat Goji Berry

Buah goji berry merupakan sumber vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh. Adapun beberapa kandungan gizi yang terdapat pada buah goji berry sebagai berikut:
  • Antioksidan
  • Serat
  • Besi
  • Seng
  • Vitamin A
  • Vitamin C
Selain itu, karbohitrat pada buah goji berry termasuk jenis karbohitrat kompleks. Dimana salah satu manfaat dari karbohidrat kompleks yaitu untuk memperlambat kenaikan gula darah dalam tubuh dan membuat perut terasa kenyang lebih lama.

Manfaat Buah Goji Berry Untuk Kesehatan

Manfaat Goji Berry Kering

Buah goji berry kaya akan kandungan nutrisi dan antioksidan yang membuatnya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Adapun manfaat buah goji berry untuk kesehatan adalah sebagai berikut:

1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Perlu diketahui bahwa buah goji berry dapat meningkatkan kekebalan tubuh, sehingga tubuh akan lebih mampu melawan berbagai macam penyakit. Hal itu dapat terjadi karena dengan mengonsumsi buah goji berry maka limfosit atau jenis sel darah putih akan meningkat sehingga tubuh terhadap tahan terhadap serangan bakteri dan virus.

2. Membantu menurunkan berat badan

Buah goji berry merupakan makanan yang cocok untuk diet. Karena kandungan serat yang tinggi pada buah goji berry dapat membuat anda merasa kenyang lebih lama, sehingga anda dapat mengurangi makan. Selain itu, serat pada buah goji berry juga dapat membantu mengendalikan kadar gula darah dan rasa lapar.

Baca Juga : 10 Manfaat Buah Blackberry Untuk Kesehatan

3. Membantu mengendalikan kadar gula darah

Seperti yang telah diketahui bahwa buah goji berry mempunyai kandungan karbohitrat kompleks yang dapat membantu mengontrol kadar gula darah. Adanya manfaat seperti ini akan membuat anda terhindar dari penyakit diabetes sebab hal ini akan membuat pankreas anda menjadi lebih sehat.

4. Mencegah pertumbuah sel kanker

Kandungan antioksidan yang tinggi pada buah goji berry juga bisa membantu dalam mencegah pertumbuhan sel kanker. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa efek penghambat tumor dari buah goji berry kemungkinan disebabkan oleh adanya kemampuan goji berry dalam meningkatkan kadar antioksidan dan menurunkan kadar peradangan sitokin pada darah.

5. Mencegah penuaan dini

Buah goji berry juga dipercaya dalam menghambat penuaan dini. Maka tak heran, jika banyak produk-produk kosmetik dengan bahan yang terbuat dari buah goji berry. Kandungan antioksidan yang terdapat dalam buah goji berry, terutama zeaxanthin ternyata dapat mencegah kerusakan sel kolagen di kulit akibat radikal bebas, sehingga dapat membantu anda dalam menunda proses penuaan dini.

6. Melindungi sel otak dari kerusakan

Sebenarnya radikal bebas dapat menyerang tubuh kita dari dalam. Selain itu, juga dapat menyerang neuron atau sel otak. Sel-sel otak yang telah rusak dapat menyebabkan penyakit neurodegeneratif. Penyakit-penyakit neurodegeneratif secara efektif dapat dilawan dengan mengonsumsi buah goji berry. Ekstrak dari buah goji berry telah menunjukkan aktivitas saraf yang signifikan yang berguna untuk kesehatan otak.

7. Menjaga kesehatan mata

Kebaikan Buah goji berry lainnya yaitu dapat menjaga mata dari berbagai macam penyakit seperti miopi maupun mata minus, presbiopi, hipermetropi atau rabun dekat, katarak bahkan buta warna. Selain itu, menjaga kesehatan mata dengan buah goji berry merupakan cara aman tanpa efek samping sebab buah goji berry ini di dalamnya terdapat kandungan beta-karoten, vitamin A, zeaxanthin, yang jauh lebih tinggi di banding wortel.

Baca Juga : Efek Samping Dari Konsumsi Buah Goji Berry Secara Berlebihan

Itulah beberapa manfaat buah goji berry untuk kesehatan. Semoga informasi ini bermanfaat untuk anda dalam menjaga kesehatan dan menjalankan pola hidup sehat.

Related Posts

Manfaat Buah Goji Berry Untuk Kesehatan Tubuh
4/ 5
Oleh