Wednesday, January 23, 2019

Buah Murbei : Kandungan Gizi, Manfaat dan Efek Sampingnya

Buah murbei atau mulberry merupakan buah jenis berry yang berasal dari cina dan nama latin dari buah ini yaitu morus alba. Tanaman murbei sendiri dapat hidup dengan subur di daerah tropis dan subtropis, termasuk Indonesia. Selain itu, jenis murbei menurut warnanya ada banyak diantaranya murbei merah, putih dan hitam.

Rasa dari buah murbei kiranya agak asam dengan bentuknya hampir sama seperti buah blackberry. Selain dapat dimakan secara langsung, buah ini juga banyak diolah terlebih dahulu menjadi makanan bergizi. Tak hanya itu, banyak juga para wanita yang menjadikannya sebagai masker untuk perawatan kecantikan.


Kandungan Gizi Buah Murbei

Kandungan Nutrisi Murbei

Tidak dapat dipungkiri bahwa khasiat yang dimiliki oleh buah murbei berasal dari kandungan gizi dan zat lain di dalamnya. Berikut di bawah ini adalah uraian selengkapnya dari kandungan gizi buah murbei untuk setiap 100 gram.
  • Energi – 43 kkal
  • Karbohitrat – 9.80 g
  • Protein – 1.44 g
  • Lemak total – 0.39 g
  • Kolestrol- 0 mg
  • Serat – 1.7 g
  • Folat – 6 µg
  • Niasin – 0.620 mg
  • Piridoksin – 0.050 mg
  • Riboflavin – 0.101 mg
  • Vitamin A – 25 IU
  • Vitamin C – 36.4 mg
  • Vitamin E – 0.87 mg
  • Vitamin K – 7.8 µg
  • Natrium – 10 mg
  • Kalium – 194 mg
  • Kalsium – 39 mg
  • Tembaga – 60 µg
  • Besi – 1.85 mg
  • Magnesium – 18 mg
  • Selenium – 0.6 µg
  • Seng – 0.12 mg
  • Beta Karoten – 9 µg
  • Alfa Karoten – 12 µg
  • Lutein-zeaxanthin – 136 µg

Manfaat Buah Murbei Untuk Kesehatan

Tanaman obat murbei

Berikut ini beberapa manfaat dari buah murbei untuk kesehatan dan kecantikan dalam mengatasi berbagai macam penyakit.

1. Mengurangi risiko kanker

Ratusan tahun dahulu, buah murbei telah dijadikan sebagai obat tradisional oleh masyarakat cina untuk mengatasi kanker. Hal ini kini telah terbukti secara ilmiah dengan adanya berbagai macam penelitian. Dimana terdapat kandungan antioksidan pada buah murbei yang berperan dalam mencegah tubuh dari serangan radikal bebas, sehingga tubuh dapat terhindar dari berbagai macam penyakit seperti kanker.

Baca Juga : Manfaat Dan Kandungan Buah Frambos

2. Mengatasi anemia

Penyakit anemia merupakan suatu kondisi dimana jumlah sel darah merah umumnya lebih rendah dari jumlah normal. Anemia juga bisa terjadi karena kekurangan zat besi. Untuk mengatasinya, anda bisa mengonsumsi buah penambah darah yang kaya akan zat besi seperti buah murbei ini.

3. Menjaga kesehatan mata

Selain dapat mengatasi anemia, buah murbei juga dapat menyembuhkan berbagai masalah pada mata. Kenapa? Karena pada buah murbei terdapat kandungan vitamin A. Sudah bukan rahasia umum lagi bahwa makanan yang mengandung vitamin A baik untuk kesehatan mata.

4. Melancarkan pencernaan

Sama seperti buah-buahan pada umumnya, buah murbei juga mengandung serat. Dimana kandungan serat dapat mencegah sembelit  dan mengatasi masalah pencernaan lainnya. Jadi, konsumsi buah murbei secara rutin dapat melancarkan sistem pencernaan anda.

5. Menyehatkan jantung

Mengonsumsi buah murbesi secara rutin dapat menjaga kesehatan jantung. Karena kandungan nutrisi pada buah murbei dapat memperkuat sistem saraf dan mengurangi kolestrol jahat pada tubuh. Dimana penurunan angka kolestrol bisa mengurangi risiko terjadinya penyakit jantung.

6. Meningkatkan sistem imun

Dengan berkurangnya daya tahan tubuh maka tubuh akan mudah terserang oleh penyakit. Seperti yang diketahui bahwa buah murbei mengandung vitamin C, dimana vitamin C dapat meningkatkan kekebalan tubuh.

7. Menambah nafsu makan

Kehilangan nafsu makan bisa berdampak buruk bagi kesehatan anda, terutama bila anda kekurangan berat badan. Untuk meningkatkan nafsu makan anda bisa mencoba dengan konsumsi buah murbei ini sebagai cemilan.

Manfaat Buah Murbei Untuk Kecantikan

Manfaat murbei untuk kecantikan wajah dan rambut

Adapun manfaat atau khasiat dari buah murbei untuk kecantikan adalah sebagai berikut.

1. Baik untuk kulit

Masyarakat cina sejak dulu sudah menggunakan buah murbei untuk perawatan kulit mereka. Banyak permasalahan kecantikan yang dapat diselesaikan dari penggunaan buah ini yaitu menghilangkan flek hitam, melembabkan kulit serta kulit tampak cantik dan sehat.

2. Menghitamkan rambut

Buah murbei dapat menghitamkan rambut secara alami karena memiliki kandungan melamin hitam. Selain itu, penggunaan campuran wijen hitam dan buah murbei secara rutin dapat membuat rambut beruban menjadi hitam kembali.

Buah Murbei Untuk Ibu Hamil

Manfaat buah murbei bagi ibu hamil

Bolehkan ibu hamil makan buah murbei? Buah murbei mengandung nutrisi yang baik untuk tubuh seperti protein, vitamin C, asam amino, mineral, anthocyanin dan masih banyak lagi. Sehingga dengan mengonsumsinya maka anda akan mendapatkan manfaatnya. Tetapi jangan terlalu banyak, cukup sekitar 10 biji saja bila anda ingin mengonsumsinya.

Buah Murbei Untuk Bayi

Manfaat buah murbei untuk bayi

Apakah buah murbei baik untuk bayi? Sebenarnya bayi sebelum berumur 4 bulan tidak diperbolekan untuk makan selain ASI. Kenapa? Karena pada umur ini bayi hanya dapat menyerap makanan yang berbentuk cair, bahkan dokter lebih menyarankan bayi diberimakan makanan selain ASI setelah umur  6 bulan.

Saat umur bayi diatas 6 bulan barulah anda boleh memberinya makanan lain yang kaya akan nutrisi seperti buah beri ini, sebab ASI saja tidak cukup. Tentunya dengan pengawasan yang baik, karena bila makan berlebihan maka anak dapat mengalami gangguan pencernaan.

Efek Samping Buah Murbei

Bahaya buah murbei

Terlepas dari manfaat dan khasiat yang dimiliki oleh buah murbei, bila anda mengonsumsi atau memakai olahan dari buah murbei secara tidak tepat maka akan berdampak buruk bagi kesehatan anda. Apa saja? Berikut ulasannya.

1. Risiko kanker kulit

Berhati-hatilah jika menggunakan produk kecantikan dari ekstrak buah murbei, karena dapat memicu kanker kulit. Sehingga disarankan untuk mengurangi pemakaian dari produk kecantikan dari buah ini agar terhindar dari penyakit tersebut.

2. Alergi

Beberapa orang mungkin mengalami alegri ketika mengonsumsi buah murbei, namun hal ini sangat jarang terjadi. Reaksi alergi yang bisa disebabkan oleh buah murbei diantaranya ruam kulit, gatal-gatal dan pembengkakan kulit.

3. Menyebabkan gula darah rendah

Konsumsi buah murbei juga dapat menurunkan kadar gula darah yang dapat mengakibatkan terjadi hipoglikemia pada diri anda. Penyakit ini dapat menyebabkan sakit kepala, rasa lapar, pengliatan kabur, pusing dan berkerianat berlebihan bagi penderitanya. Sehingga, konsumsilah buah murbei dengan porsi yang wajar.

Baca Juga : Buah Arbei : Kandungan Gizi dan Manfaatnya Untuk Kesehatan

Itulah beberapa informasi mengenai buah murbei mengenai kandungan gizi, manfaat dan efek sampingnya. Semoga informasi ini bermanfaat bagi anda.

Related Posts

Buah Murbei : Kandungan Gizi, Manfaat dan Efek Sampingnya
4/ 5
Oleh