Sunday, December 23, 2018

Kandungan Gizi dan Manfaat Timun Suri Untuk Kesehatan dan Kecantikan

kandungan Gizi dan Manfaat Timun Suri - Timun suri atau juga biasa dipanggil mentimun suri adalah salah satu jenis buah yang sering dijual di bulan ramadhan. Banyak orang mengira bahwa timum suri merupakan buah musiman, padahal bukan dan faktanya buah ini bisa ditanaman kapan pun dan tidak mengenal musim.

Selain buah timum suri sering dibuat menjadi minuman es sebagai pelepas dahaga saat bulan puasa tiba. Ternyata, buah ini memiliki beragam khasiat yang menakjubkan. Lalu, apa sajakah khasiat timum suri tersebut? Simak ulasan berikut ini untuk mengetahuinya.


Kandungan Gizi Timum Suri 

Kandungan Gizi Buah Timun Suri

Bentuk buah timun suri ini hampir sama dengan buah blewah, perbedaannya yaitu jika timun suri berbentuk bulat panjang sedangkan blewah bentuknya bulat telur. Selain itu, buah timun suri juga memiliki kandungan nutrisi seperti mineral dan vitamin-vitamin yang baik untuk kesehatan serta kecantikan. Untuk lebih jelas, berikut ini adalah kandungan timum suri dalam setiap 100 gram.
  • Air – 96.32 g 
  • Serat – 0.89 g
  • Protein – 1.26 g 
  • Lemak – 0.04 g 
  • Karbohidrat – 2.09 g  
  • Abu – 2.90 g 
  • Vitamin C – 24.86 mg 
  • Kalsium – 769 mg 
  • Fosfor – 422 mg 
  • Kalium – 1008 mg 
Sumber: Laporan Penelitian Program PHK A2, 2008 

Manfaat Timun Suri Untuk Kesehatan 

Manfaat Timun Suri Untuk Kesehatan

Ingin tahu manfaat dari timum suri? Baiklah, langsung saja ini dia manfaat dari mengonsumsi timum suri untuk kesehatan. Simak dengan baik, ya?

1. Sumber antioksidan yang baik 

Antioksidan sangat diperlukan untuk menangkal adanya radikal bebas yang masuk kedalam tubuh. Sehingga tubuh kita dapat terhindar dari berbagai macam penyakit berbahaya seperti penyakit kanker, jantung, berkurangnya kemampuan penglihatan, hingga Alzheimer.

Untuk memenuhi kebutuhan antioksidan, anda bisa mengonsumsi buah-buahan atau sayur-sayuran yang kaya akan nutrisi bagi tubuh, dan timun suri ini adalah salah satunya.

Baca Juga : Ragam Manfaat Pisang Kepok Rebus Untuk Kesehatan

2. Melancarkan sistem pencernaan 

Saat sistem pencernaan tidak berfungsi dengan baik maka kita akan mudah mengalami sembelit dan sulit buang air besar (BAB). Tetapi jangan khawitir, timun suri ternyata mempunyai kandungan air dan serat cukup tinggi sehingga dengan mengonsumsinya secara rutin masalah pencernaan bisa teratasi.

3. Menjaga kesehatan gigi dan mulut 

Untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut, anda bisa mengurangi makan makanan bergula dan minum minuman manis. Selan itu, dengan mengonsumsi timun suri mentah maka produksi air liur akan meningkat sehingga pH rongga mulut menjadi netral.

Oleh karena itu, bagi anda yang sedang menderita radang gusi atau sakit gigi, sehingga timun suri merupakan pilihan terbaik untuk mengatasinya.

4. Baik untuk penderita diabetes 

Seperti yang telah anda ketahui bahwa penderita diabetes tidak boleh makan makanan sembarangan. Penderita diabetes memiliki kondisi gula darah yang cukup tinggi, sehingga mengharuskannya untuk mengurangi konsumsi gula atau makanan yang manis.

Tetapi, berbeda dengan timun suri. Karena, buah ini memiliki kandungan karbohidrat kompleks yang berfungsi untuk menaikkan gula darah secara perlahan, maka aman di konsumsi bagi penderita diabetes.

5. Membantu program diet 

Bagi siapa saja yang sedang melakukan program diet atau menurunkan berat badan, buah adalah menu wajib yang ada pada program diet sehat. Selain buah apel, manga dan melon, ternyata buah timun suri juga memiliki kandungan air dan serat yang cukup dan sangat cocot untuk membantu program diet.

6. Memperlancar proses detoksifikasi 

Kandungan air dan serat yang ada dalam timun suri ini sangat membantu mengeluarkan racun yang ada di dalam tubuh. Racun-racun yang berasal dari polusi, makanan dan minuman bisa menumpuk di organ-organ yang penting pada tubuh. Apabila tidak segera dikeluarkan, maka hal itu bisa menimbulkan berbagai masalah kesehatan.

7. Menghambat pertumbuhan kanker 

Timun suri mengandung zat antikanker, sehingga memiliki kemampuan untuk menghambat pertumbuhan sel kanker dan tumor. Bahkan menurut sebuah penelitian, kandungan saponin yang ada pada timun suri dapat membantu mengahalangi jalur sinyal yang penting untuk menghambat kerusakan metabolisme tubuh dan munculnya sel kanker.

8. Mengontrol kolestrol 

Manfaat timun suri selanjutnya yaitu kemampuannya dalam menjaga tingkat kolesterol yang ada pada tubuh. Sementara itu, kebiasaan mengonsumsi makanan atau minuman yang terlalu banyak ketika berbuka puasa dapat menyebabkan terjadinya penumpukan kolesterol.

Jika kolesterol tersebut dibiarkan saja secara terus menerus maka akan berakibat fatal bagi kesehatan jantung. Oleh karena itu, cobalah untuk memilih makanan atau minuman yang bebas dari kolesterol maupun yang bisa mengontrol kolesterol, salah satunya anda bisa memilih timun suri.

Baca Juga :  Efek Samping Makan Buah Timun Suri

Manfaat Timun Suri Untuk Kecantikan 

Buah Timun Suri Untuk Kecantikan

Bagi wanita, sudah menjadi kewajiban untuk merawat kecantikannya seperti kulit dan rambut. Karena, bila terjadi sedikit saja masalah tersebut maka para wanita dapat merasa tidak percaya diri tampil di depan umum. Untuk mengatasi beberapa masalah kecantikan, salah satunya bisa dengan memanfaatkan timun suri.

1. Menjaga kesehatan kulit 

Perlu diketahuhi, bahwa timun suri memiliki kandungan antioksidan yang tinggi.Selain dapat mencegah radikal bebas, kandungan antioksidan juga mampu mencegah penuan diri dan baik untuk kulit. Jadi, untuk wanita bisa mengonsumsi buah ini secara rutin agar kulit tampak lebih muda dan sehat.

2. Menyehatkan kuku dan rambut 

Memiliki kuku rusak atau pecah-pecah mungkin terasa tidak enak. Tetapi anda tidak perlu cemas, masalah tersebut bisa dicegah dengan mengonsumsi buah suri karena memiliki kandungan silica. Selain itu, kandungan tersebut juga sangat bermanfaat untuk membuat rambut menjadi tebal dan sehat alami.

Demikianlah ulasan tentang kandungan gizi dan manfaat buah timun suri  untuk kesehatan dan kecantikan. Semoga informasi ini bisa anda bermanfaat bagi anda.

Related Posts

Kandungan Gizi dan Manfaat Timun Suri Untuk Kesehatan dan Kecantikan
4/ 5
Oleh