Friday, December 28, 2018

9 Manfaat Limau Kasturi Untuk Kesehatan

Manfaat Limau Kasturi - Limau Kasturi merupakan salah satu buah yang kaya akan nutrisi dan banyak memiliki manfaat. Aromanya yang harum ,wangi dan menyegarkan membuat orang banyak menyukainya.

Pada umumnya, bentuk buahnya bulat dengan warnanya yang hijau ketika muda dan berubah menjadi kuning saat sudah matang. Rasanya yang enak membuat buah ini sangat cocok dijadikan minuman yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan.

Kandungan limau kasturi sangat berkhasiat untuk menyembuhankan berbagai macam penyakit. Salah satu contohnya yaitu kaya akan vitamin C, yang merupakan sumber antioksidan terbaik dan berfungsi dalam menangkal adanya radikal bebas.

Manfaat Limau Kasturi Untuk Kesehatan

Manfaat Limau Kasturi Untuk Kesehatan

Berikut ini kami sajikan beberapa manfaat limau kasturi yang baik untuk kesehatan.

1. Mencegah Sariawan

Hampir semua orang pernah mengalami sariawan. Satu sariawan yang muncul saja akan membuat kita tidak enak untuk makan. Untuk mengatasinya, anda dapat menggunakan limau kasturi yang kaya akan vitamin C dengan mengonsumsinya.

2. Mencegah kanker

Limau kasturi memiliki kandungan vitamin C  cukup tinggi dan dapat berperan sebaagi antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas. Sehingga, limau kasturi dapat membantu menghambat adanya pertumbuhan sel kanker pada tubuh.

Baca Juga : Buah Kasturi, Jenis Buah Mangga Asli kalimantan Yang Kini Hampir Punah

3. Mengatasi batuk

Batuk adalah respon alami dari tubuh sebagai sistem pertahanan untuk mengeluarkan zat-zat atau partikel yang berasal dari dalam saluran pernapasan, serta untuk mencegah benda asing masuk ke saluran napas bawah.

Untuk mengatasinya, salah satunya adalah dengan mengkonsumsi limau kasturi yang sudah diperas bersama dengan kecap dan garam. Anda harus meminumnya secara rutin dan teratur setiap dua kali sehari.

4. Mengatasi penyakit asam urat

Limau Kasturi juga bisa menjadi salah satu solusi alami untuk meredakan gejala sakit dan nyeri pada sendi yang terjadi karena penyakit asam urat. Untuk mengatasinya, anda dapat membuat memjadi limau kasturi menjadi minuman dan mengonsumsinya secara teratur.

5. Menghilangkan jerawat

Munculnya jerawat pada kulit di wajah akan membuat sebagian orang hilang kepercayaan dirinya saat tampil didepan umum. Untuk mengatasinya anda bisa menggunakan limau kasturi, caranya cukup mudah yaitu dengan mencampurkan 2 sendok makan Limau Kasturi dengan madu.

Kemudian aduk sampai merata lalu oleskan pada kulit yang berjerawat. Tunggu hingga beberapa menit, kemudian setelah kering bilas dengan air bersih. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, lakukan cara ini secara rutin.

6. Memperkuat sistem kekebalan tubuh

Kandungan vitamin C yang ada pada buah limau kastri ini mampu mempertahankan sistem kekebalan tubuh yang dapat membuatnya lebih tahan dalam menghadapi beberapa bakteri jahat atau virus-virus berbahaya. Sehingga tubuh kita, tidak mudah terkena berbagai macam penyakit.

7. Mencegah masalah lambung

Mengkonsumsi limau kasturi ini ternyata dapat mengatasi berbagai masalah yang ada pada lambung seperti perut kembung, maag atau naiknya kadar keasaman. Jadi, bagi anda yang mempunyai masalah pada lambung, anda dapat memanfaatkan limau kasturi untuk mengatasinya.

8. Mengurangi bau badan

Salah satu cara untuk mencegah timbulnya bau badan adalah dengan memanfaatan kulit limau kasturi. Kemudian, anda juga dapat menggunakan potongan-potongan kecil limau kasturi untuk dioleskan pada ketiak anda. Dikarenakan sifat alaminya yang  mampu membunuh kuman, salah satunya adalah kuman penyebab bau badan.

9. Mengobati demam

Limau kasturi dapat digunakan untuk mengatasi demam yang terjadi pada anak, yaitu caranya dengan merebus 4 genggam daun limau kasturi dengan  4 gelas air. Kemudian, gunakan air tersebut untuk mengompres pada bagian dahi anak menggunakan kain.

Baca Juga : Mengenal Buah Markisa, Jenis, Manfaat & Efek Sampingnya

Selain dapat mengatasi berbagai masalah kesehatan, buah limau kasturi juga dapat anda manfaatkan sebagai bumbu-bumbu dapur. Contohnya, anda dapat menggunakannya sebagai bahan pembuat sambal.

Related Posts

9 Manfaat Limau Kasturi Untuk Kesehatan
4/ 5
Oleh