Monday, January 14, 2019

Mengenal Buah Abiu dan Manfaatnya Untuk Kesehatan

Buah Abiu dan Manfaatnya - Apa itu buah abiu? Buah abiu adalah buah yang mempunyai nama latin Pouteria caimito dan dikenal  dengan nama sawo Australia. Meskipun sering disebut dengan sawo Australia, tanaman buah abiu ternyata bukan dari Australia melainkan berasal dari amazon, lebih tepatnya dataran rendah Peru, Brazil, Amerika tengah  dan Meksiko selatan.

Buah ini masih terdengar asing dan bahkan belum banyak orang yang mengetahuinya. Meskipun begitu, buah ini sudah banyak dibudidayakan di Indonesia, khususnya di daerah jawa. Selain itu, bila dilihat dari bentuk buah dan pohonnya, abiu memang agak mirip dengan buah sawo.

Berbicara tentang keunggulan tentang buah ini, selain dapat tumbuh subur di dataran rendah dan dataran tinggi, buah ini juga sangat cepat sekali berbuah. Tak hanya itu, kandungan-kandungan nutrisi yang ada pada buah ini juga mempunyai manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh.


Kandungan Gizi Buah Abiu

Gambar Buah Abiu (Sawo Australia)

Buah abiu mempunyai kandungan gizi yang baik untuk kesehatan, termasuk kaya akan serat. Untuk mengetahui apa saja yang terkandung pada buah abiu? Anda bisa menyimak ulasannya berikut.
  • Kalori 
  • Kadar Air 
  • Serat 
  • Protein 
  • Zat Besi 
  • Vitamin-vitamin
  • Lemak 
  • Kalsium

Manfaat Buah Abiu Untuk Kesehatan

Manfaat Buah Abiu Untuk Kesehatan

Selain mempunyai rasa manis yang menyegarkan seperti kelapa muda, ternyata buah abiu juga berkhasiat dijadikan obat untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Berikut ulasannya.

1. Melancarkan sistem pencernaan

Apakah anda sering mengalami sembelit? Dimana sembelit merupakan suatu kondisi sulitnya buang air besar secara teratur, tidak bisa benar-benar tuntas  atau tidak bisa sama sekali. Secara umum, seseorang dapat dianggap mengalami gangguan pencernaan yang satu ini apabila buang air besar kurang dari tiga kali dalam seminggu.

Namun tidak perlu khawatir, dengan mengonsumsi buah abiu secara rutin maka masalah sembelit dan gangguan pencernaan lainnya dapat teratasi. Karena buah abiu merupakan buah yang kaya akan serat, sehingga dapat membantu menyehatkan organ-organ pencernaan seperti lambung dan usus.

Baca Juga : Mengenal Buah Kenitu dan Manfaatnya

2. Menjaga kesehatan mata

Kesehatan mata merupakan hal vital yang harus dijaga. Mempunyai sedikit saja masalah kesehatan mata maka akan berdampak buruk bagi anda dan tentunya mengganggu anda untuk melakukan aktivitas sehari-hari.

Perlu anda ketahui, buah abiu selain kaya akan serat juga mempunyai kandungan vitamin A yang cukup tinggi. Dimana vitamin A sangat baik untuk kesehatan mata seperti dapat membantu meningkatkan kemampuan penglihatan serta mencegah berbagai masalah pada mata.

3. Mencegah radikal bebas

Radikal bebas bisa ditemukan di mana saja, bahkan pada tubuh anda sebenarnya menghasilkan radikal bebas. Zat ini sangat berbahaya bagi tubuh dan dapat menyebabkan berbagai macam penyakit, seperti kanker.

Pada buah abiu terdapat vitamin E yang cukup tinggi, dimana seperti yang diketahui bahwa manfaat dari vitamin E adalah dapat mencegah tubuh terkena radikal bebas. Sehingga, anda dapat terhindar dari penyakit-penyakit yang mematikan seperti kanker.

4. Mengatasi ganguan masalah pernapasan

Mengonsumsi buah abiu secara rutin dapat membantu kita dalam mengatasi berbagai masalah pernapasan. Ganguan pernapasan yang dimaksud yaitu seperti  radang pada bronkus, meringankan batuk, serta keluhan pernapasan lainnya seperti gangguan paru-paru.

5. Membantu meningkatkan kemampuan sistem imun tubuh

Untuk meningkatkan daya tahan tubuh agar kita bisa beraktivitas sehari-hari secara optimal maka kita perlu memenuhi kebutuhan akan vitamin C. Mengapa? Karena vitamin C berperan baik dalam mendapatkan tubuh kita selalu sehat yaitu dengan memastikan sistem imun atau daya tahan tubuh selalu bisa bekerja dengan baik.

Nah, buah abiu ini kaya akan vitamin C, sehingga dengan mengonsumsi secara rutin dapat membantu tubuh anda meningkatkan kemampuan sistem imum. Hal ini akan berdapak posistif bagi tubuh yaitu dapat terhindar dari berbagai macam penyakit dan tubuh menjadi lebih sehat.

Baca Juga :  Khasiat dan Manfaat Buah Sawo untuk Diet

6. Menyehatkan tulang dan gigi

Pada buah abiu ternyata juga terdapat kandungan kalsium. Dimana kalsium merupakan mineral yang penting dalam menjaga dan meningkatkan kesehatan tulang dan gigi. Kalsium akan menjaga tulang agar tetap kuat dan padat sehingga kepadatan tulang menjadi lebih kuat dari sebelumnya.

Itulah beberapa manfaat dari buah abiu dan tidak ada salahnya jika anda mencoba untuk mengonsumsi buah abiu ini di rumah. Anda dapat mengolahnya terlebih dahulu menjadi jus atau di buat menjadi kue. Selain mempunyai rasa yang enak, buah ini juga mempunyai manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh anda.

Related Posts

Mengenal Buah Abiu dan Manfaatnya Untuk Kesehatan
4/ 5
Oleh