Saturday, January 26, 2019

5 Manfaat Buah Duku Untuk Ibu Hamil

Buah Duku Untuk Ibu Hamil - Buah kecil yang berwarna kuning kecokelatan ini sangat mudah dijumpai di Indonesia. Rasanya yang asam, manis dan terkadang pahit membuat buah ini banyak digemari banyak orang. Buah duku merupakan buah musiman dan hanya dapat dipanen hanya satu kali dalam waktu satu tahun. Selain itu, buah ini tumbuh subur di negara yang memiliki curah hujan tinggi, termasuk Indonesia.

Buah duku memiliki nama latin yaitu Lansium Parasiticum. Buah ini termasuk dari spesies pohon dalam keluarga Mahoni dan berasal dari Asia Tenggara. Tidak hanya dikenal memiliki rasa yang menyegarkan, siapa sangka bahwa manfaat buah duku ternyata juga baik bagi ibu hamil? Apa saja? Simak berikut ulasannya.

Bolehkah buah duku untuk ibu hamil 1. Menangkal radikal bebas

Buah duku mempunyai kandungan antioksidan yang tinggi. Dimana kandungan tersebut dipercaya dapat menangkal radikal bebas akibat polusi, sinar UV bahkan asap rokok. Sehingga, dengan mengonsumsi buah duku anda dapat terhindar dari penyakit berbahaya seperti kanker.

Baca Juga :  Kandungan Gizi dan Manfaat Buah Duku Untuk Kesehatan

2. Menjaga stamina

Perubahan fisik akan terjadi  seiring dengan bertambanya usia kehamilan ibu hamil sering. Hal tersebut akan membuat beban yang dibawa oleh ibu hamil semakin berat dan terkadang menyebabkan ibu hamil merasa mudah lelah. Cobalah untuk mengonsumsi buah duku karena buah tersebut mengandung kalori seimbang yang berperan menghasilkan energi.

3. Melancarkan pencernaan

Buah duku kaya akan serat. Seperti yang kita ketahui bahwa serat merupakan kandungan yang berguna untuk melancarkan pencernaan karena ia dapat mengikat air sehingga feses akan lebih mudah untuk dikeluarkan.

4. Membantu perkembangan otak janin

Selain mengandung antioksidan dan serat, buah duku juga memiliki kandungan asam folat. Asam folat sangat penting bagi ibu hamil. Karena ada banyak manfaat asam folat untuk ibu hamil, misalnya saja asam folat yang rutin dikonsumsi sebelum dan selama kehamilan dapat membantu mencegah terjadinya cacat lahir pada bagian otak dan sumsum tulang belakang pada bayi anda.

5. Meringankan lemas dan pusing

Saat hamil, seringkali tubuh menjadi pusing dan lemas yang membuat badan menjadi tidak nyaman. Maka, buah duku bisa membantu anda meringankannya. Karena duku kaya kandungan karbohidrat dan zat besi yang baik bagi kesehatan ibu hamil sebagai penambah energi.

Baca Juga : Jangan Makan Buah Duku Berlebih, Ini Bahayanya

Tetapi perlu diingat, meskipun khasiat yang didapat dari mengonsumsi buah duku sangat banyak. Pastikanlah anda mencucinya terlebih dahulu sebelum menyajikannya dan jangan konsumsi secara berlebihan agar tidak menimbulkan efek samping yang berbahaya bagi tubuh anda.

Related Posts

5 Manfaat Buah Duku Untuk Ibu Hamil
4/ 5
Oleh