Tuesday, January 15, 2019

Manfaat Buah Zuriat Untuk Kesehatan dan Promil

Manfaat Buah Zuriat - Apakah anda tahu apa itu buah zuriat? Buah zuriat adalah buah yang berasal dari arab, biasa disebut dengan buah adam atau buah hawa, dan juga ada yang menyebutnya buah doum. Buah ini bentuknya oval dengan warna agak kuning atau merah jingga.

Buah zuriat memiliki rasa yang enak agak manis, selain itu buah ini sangat populer di kalangan jamaah haji dan umroh karena manfaatnya. Salah satu manfaatnya yaitu dapat digunakan dalam membantu pasangan suami istri untuk menjalankan program hamil atau promil.


Kandungan Gizi Buah Zuriat

Kandungan Nutrisi Buah Zuriat

Ada banyak sekali kandung gizi yang baik pada buah zuriat. Termasuk diantaranya mempunyai efek samping yang baik untuk kesehatan dan mencegah berbagai penyakit. Apa saja? Berikut ini kandungan gizinya.
  • Air sekitar 24.05 %
  • Serat
  • Karbohhitrat
  • Protein
  • Lemak
  • Vitamin-vitamin seperti B1,B2 dan B3
  • Kalsium
  • Fosfor

Manfaat Buah Zuriat Untuk Kesehatan

Efek samping buah zuriat

Buah zuriat juga berkhasiat dalam mengatasi berbagai masalah kesehatan diantaranya sebagai berikut ini:

1. Melawan radikal bebas dan mencegah kanker

Perlu anda ketahui, radikal bebas dapat menyerang siapapun dan dimanapun. Salah satu akibatnya bila terkena radikal bebas adalah dapat menyebabkan kanker, sehingga harus diwaspadai.

Tetapi anda tidak perlu khawatir, karena buah zuriat mengandungan antioksidan yang baik dalam mencegah pancaran radikal bebas. Sehingga, anda dapat terhindar dari penyakit-penyakit berbahaya seperti kanker.

Baca Juga :  10 Buah Pengganti Nasi Yang Bagus Untuk Diet Sehat

2. Mencegah penuan dini

Semua orang pasti menginginkan memiliki kulit sehat dan awet muda, apalagi seorang wanita. Buah zuriat seperti yang telah kita ketahui mempunyai kandungan antioksidan yang tinggi.

Dimana kandungan tersebut dapat mencegah terjadinya penuan dini. Sehingga, dengan mengonsumsi buah zuriat secara rutin dalam porsi yang wajar maka akan membuat kulit anda tampak sehat dan cantik.

3. Mengurangi dan mencegah stress

Selanjutnya dari manfaat buah zuriat yaitu dapat mencegah stress. Dimana kandungan antioksidan seperti kuamrin, flavonoid dan lignin ternyata dapat membantu mencegah stress oksidatif akibat adanya radikal bebas yang disebabkan oleh polusi, obat-obatan dan lain-lainnya.

4. Mencegah hipertensi

Buah zuriat ternyata dapat mengontrol tekanan darah sehingga anda dapat terhindar dari hipertensi. Dimana bila penyakit ini dibiarkan begitu saja maka penyakit-penyakit berbahaya lainnya dapat menyerang anda seperti contohnya penyakit jantung.

5. Mengatasi alergi

Rasa gatal karena terkena alergi sangatlah mengganggu dan pasti membuat anda ingin menggaruknya. Mengonsumsi buah zuriat dipercaya dapat mengatasi alergi, karena didalam buah zuriat terdapat kandungan hydroxycinnamates dan flavonoid yang berperan baik dalam mengatasi alergi.

6. Mengatasi peradangan

Tak hanya berkhasiat untuk kesehatan tubuh saja, manfaat buah zuriat lainnya yaitu dapat mengobati luka. Kandungan anti inflamasi yang terdapat pada buah zuriat memungkinkan untuk mencegah infeksi pada luka luar anda.

7. Mencegah osteoporosis

Kandungan kalsium pada buah zuriat bisa membantu mencegah penyakit pada tulang seperti osteoporosis. Osteoporosis adalah pengeroposan tulang, dimana penyakit ini meningkatkan risiko patah tulang, terutama di pinggul, tulang belakang dan pergelangan tangan.

Manfaat Buah Zuriat Untuk Kesuburan Pria dan Wanita

Manfaat buah zuriat untuk pria dan wanita

Seperti yang telah kita ketahui bahwa manfaat lainnya dari buah zuriat yaitu membantu bagi pasangan suami istri dalam menjalankan program hamil. Untuk lebih jelas, berikut ini manfaatnya.
  1. Menyuburkan sperma dan ovum.
  2. Mengentalkan sperma.
  3. Menguatkan dinding rahim, sehingga sangat baik untuk wanita yang pernah keguguran.
  4. Memperbaiki siklus menstruasi.
  5. Menyembuhkan berbagai macam penyakit organ intim.

 Baca Juga : 12 Manfaat Buah Matoa, Buah Asli Dari Papua

Cara Makan Buah Zuriat Untuk Promil

Cara makan buah zuriat dengan betul

Ada banyak cara untuk mengonsumsi buah ini dalam membantu anda dalam menjalankan program hamil. Tetapi pada umumnya, buah ini dikonsumsi dengan cara di rebus. Berikut ini caranya.
  1. Belahlah buah zuriat menjadi 2 bagian, anda bisa menggunakan pisau.
  2. Lalu Rebuslah buah dengan air sebanyak 4 gelas. Tunggu hingga air berwarna coklat teh dan banyaknya air menjadi 2 gelas saja.
  3. Tuanglah air ke dalam gelas dan tunggu hingga air zuriat menjadi dingin.
  4. Anda dapat menikmatinya bersama suami/istri.
  5. Bila tidak habis, anda dapat menyimpan air zuriat ke dalam kulkas. Kira-kira dapat bertahan sekitar 7-10 hari.

Air rebusan dari buah zuriat ini, sangat baik dikonsumsi pada pagi dan sore hari. Bagi wanita, saat terbaik mengonsumsinya yaitu setelah masa haid selesai dan tidak disarankan dikonsusmsi ketika haid sedang berlangsung.

Itulah sedikit informasi mengenai manfaat buah zuriat untuk kesehatan dan promil serta cara makannya. Semoga informasi ini bermanfaat bagi anda.

Related Posts

Manfaat Buah Zuriat Untuk Kesehatan dan Promil
4/ 5
Oleh