Saturday, September 14, 2019

2 Cara Membuat Manisan Kolang-Kaling Enak dan Manis

Kolang-kaling atau sering disebut dengan buah atap adalah sejenis buah yang mempunyai tekstur kenyal dan memiliki bentuk yang lonjong. Warnanya putih transparan dan mempunyai rasa yang segar. Kolang-kaling ini didapat dari pohon aren yang berbentuk pipih dan bergetah. Buah ini cocok untuk dibuat manisan kolang-kaling baik yang basah maupun kering.

Untuk membuat manisan juga bukan hal yang sulit, cara membuatnya sederhana dan mudah untuk di praktekkan. Bahan-bahan yang digunakan juga sederhana dan tersedida di warung atau minimarket terdekat. Kandungan karbohidrat dalam kolang kaling ini memberikan efek kenyang bagi anda yang memakannya, dan cocok di konsumsi oleh semua jenis umur.

Resep Manisan Kolang-Kaling

Cara bikin manisan kolang kaling yang enak

1. Manisan Kolang-Kaling Sirup

Membuat manisan kolang-kaling dengan bantuan sirup (bisa dengan sirup marjan atau lainnya) dapat memberikan rasa yang lebih manis pada manisan tersebut. Selain itu juga memunculkan warna yang menarik. Karena warna dasar kolang-kaling adalah putih maka dibuat berwarna agar manisan ini lebih enak dilihat. Bagi anda yang penasaran dengan resep manisan dari kolang-kaling ini silahkan cek berikut ini.

a. Bahan-Bahan Manisan Kolang-Kaling Sirup

  • 1 kg kolang-kaling segar 
  • 500 ml air cucian beras untuk rendaman 
  • 50 gram gula pasir 
  • 2 lembar daun pandan 
  • 8 lembar daun jeruk 
  • 1/8 sendok teh garam 
  • 125 ml sirup Marjan Melon 
  • 1 sendok teh pasta pandan 
  • 20 lembar daun bambu (dapat diganti dnegan daun pisang kering atau air perasan jeruk nipis) 

b. Langkah Membuat Manisan Kolang-Kaling Sirup

  1. Cuci buh kolang-kaling hingga bersih. Kemudian rendam dalam larutan air cucian beras hingga permukaannya tenggelam selama 24 jam. 
  2. Setelah semalaman, buang rendaman air beras kemudian cuci bersih hingga keset. Tiriskan dan cuci kembali kolang-kaling dengan menambahkan daun bambu. Remas kolang-kaling dengan daun bambu sekitar 5-10 menit. 
  3. Setelah tekstur kolang-kaling keset, buang daun bambu kemudian cuci bersih dan sisihkan. 
  4. Rebus air, gula pasir, jeruk, daun pandan, dan juga garam hingga mendidih. Masukkan kolang-kaling dan terus rebus hingga kolang-kaling mepuk dan airnya mengental. 
  5. Tuang sirup dan pasta pandan, aduk hingga rata. Masak sampai sirup mengental dan menyerap, angkat dan cek rasanya. Jika kurang manis, anda dapat menambahkan sirup atau larutan gula. Jika kolang-kaling kurang empuk makan tambahkan air sedikit kemudian rebus kembali hingga benar-benar empuk dan kental. 
  6. Setelah matang, angkat dan dinginkan manisan. 
  7. Simpan dalam wadah yang tertutup lalu masukkan dalam kulkas. 
  8. Manisan siap dinikmati. 


Baca Juga : 5 Cara Membuat Manisan Rambutan (Enak dan Sederhana)

2. Manisan Kolang-Kaling kering

Cara mengolah kolang-kaling memang beraneka macam. Tujuannya adalah agar para penikmat kolang-kaling dapat menikmati buah ini dengan beraneka ragam cara sehingga tidak bosan dengan olahan yang itu-itu saja. Untuk kali ini cobalah anda membuat manisan dari kolang-kaling yang kering, rasanya manis dan tentu saja awet sebagai camilan sehat anda.

a. Bahan-bahan Manisan Kolang-Kaling kering

  • 500 gram kolang-kaling 
  • 4 lembar daun jeruk purut 
  • 250 gram gula pasir 
  • 300 ml air 
  • 2 sendok air jeruk lemon 
  • Satu kaleng minuman rasa strawberry 
  • Pewarna makanan secukupnya 
  • 2 sendok makan susu kental manis 

b. Cara Membuat Kolang-Kaling kering

  1. Cuci buah kolang-kaling hingga bersih sambil diremas-remas yang bertujuan agar bau asam dan lendir yang masih ada pada kolang-kaling dapat hilang dan bersih. 
  2. Rebus gula pasir dengan air hingga mendidih 
  3. Masukkan kolang-kaling, air jeruk lemon, daun jeruk, minuman kaleng, susu, daun pandan, dan pewarna makanan secukupnya. 
  4. Masak terus hingga kuah mengental dan meresap dalam kolang-kaling 
  5. Koreksi rasa apakah sudah cukup manis atau belum 
  6. Setelah rasa telah pas, angkat dan biarkan hingga dingin 
  7. Masukkan manisan matang dalam toples dan simpan dalam lemari es agar tahan lebih lama. 

Baca Juga : Cara Membuat Manisan Pepaya Basah dan Kering

Tips Membuat Manisan Kolang-Kaling

  • Pilihlah buah kolang-kaling yang masih bulat utuh dan berwarna bening transparan. Pastikan kolang-kaling tidak berlendir, rasanya betral, tidak bau asam dan tidak terlalu lembek tapi tidak terlalu keras. Kolang-kaling akan layu jika pada pinggiran buah menjadi putih-putih. Hal ini terjadi karena terlalu lama direndam oleh penjual saat dijual di pasar. 
  • Pilihlah kolang-kaling yang ketika anda pegang tidak lembek. Jika anda mendapati kolang- kaling yang lembek serta mempunyai aroma asam kuat maka dapat dipastikan kolang- kaling ini terasa kecut dan asam ketika dimakan. 
  • Rendam kolang-kaling dengan cucian air beras hingga semalaman, cara ini berguna untuk mengurangi lendir dan rasa asam pada kolang-kaling karena rata-rata buah ini sudah direndam lama oleh penjual. 
  • Jika anda menggunakan daun bambu yang kecil-kecil akan kesusahan untuk mebersihkan sisa-sisa serabut daun yang menempel pada buah kolang-kaling tersebut. Alternatif lain yang dapat anda lakukan adalah mengguankan daun pisang kering atau juga bisa menggunakan tetesan air jeruk nipis agar kolang-kaling menjadi putih bersih. 
  • Untuk manisan kolang-kaling yang kering, pastikan ketika anda memasaknya air rebusan telah habis dan kolang-kaling keset. Tekstur yang keset, empuk dan tidak keras akan menghasilkan manisan yang legit dan tahan lama. 

Kunci utama dalam membuat manisan kolang-kaling ini adalah pada saat membersihkan dan memasak kolang-kaling. Pemilihan kolang-kaling yang tepat juga sangat membantu dalam menyajikan hidangan manisan yang enak. Selain dimakan dalam bentuk manisan, kolang-kaling masak ini juga bisa dihidangkan bersama es buah atau es sirup yang segar disiang hari.

Related Posts

2 Cara Membuat Manisan Kolang-Kaling Enak dan Manis
4/ 5
Oleh