Friday, January 18, 2019

Buah Arbei : Kandungan Gizi dan Manfaatnya Untuk Kesehatan

Tahukah anda apa itu buah arbei? Buah arbei atau juga dikenal sebagai stroberi kecil ini mempunyai nama latin Fragaria vesca. Buah ini termasuk buah yang mudah untuk ditemukan dan biasanya banyak tumbuh di daerah hutan beriklim tropis seperti Indonesia.

Rasa yang dimiliki dari buah arbei ini agak sedikit asam dan sering di makan secara langsung tanpa diolah terlebih dahulu. Selain itu, bentuknya yang mungil dengan warna merah atau kehitaman membuat buah ini enak dipandang.


Kandungan Gizi Buah Arbei

Buah Arbei Hutan dan Liar

Adapun kandungan gizi yang terdapat pada setiap 100 gram buah arbei yaitu seperti berikut.
  • Air – 89.9 gr 
  • Energi - 37 kkal
  • Protein - 0,8 gr
  • Lemak - 0,5 gr
  • Karbohidrat - 8,3 gr
  • Kalsium - 28 mg
  • Fosfor - 27 mg
  • Zat Besi - 1 mg
  • Vitamin A - 60 IU
  • Vitamin B1 - 0,03 mg
  • Vitamin C - 60 mg

Manfaat Buah Arbei Bagi Kesehatan

Manfaat dan kegunaan buah arbei

Terlihat jelas bahwa pada buah arbei mempunyai kandungan yang baik untuk kesehatan tubuh. Apa sajakah manfaatnya?. Simak pada ulasan berikut ini.

1. Mengurangi risiko kanker

Kandungan karotenoid pada buah arbei merupakan antioksidan yang dapat melindungi sel dari kerusakan akibat radikal bebas penyebab kanker. Sehingga, dengan mengonsumsi buah arbei secara rutin maka kita akan memiliki risiko terkena penyakit kanker lebih rendah.

2. Mengobati sariawan

Buah arbei merupakan sumber vitamin dan mineral yang dapat menghasilkan energi bagi tubuh. Sumber vitamin yang terdapat pada buah arbei salah satunya yaitu vitamin C yang memiliki kadar 60 mg. Dimana jumlah ini setara dengan kebutuhan nutrisi harian yang diperlukan oleh tubuh akan vitamin C, sehingga penyakit-penyakit seperti sariawan dapat terobati.

3. Mengobati magg

Meskipun buah arbei mempunyai rasa yang agak asam, namun buah ini aman untuk dikonsumsi bagi penderita asam lambung dan bahkan dapat menyembuhkan penyakit magg. Caranya cukup mudah, yaitu dengan mengolah buah arbei terlebih dahulu menjadi jus dan lalu meminumnya.

Baca Juga : 9 Manfaat Limau Kasturi Untuk Kesehatan

4. Mencegah penyakit hati

Penyakit hati yang umumnya lebih dikenal penyakit hepatitis adalah penyakit yang disebabkan oleh virus, alkohol dan obat-obatan. Salah satu cara mencegahnya yaitu anda dapat mengonsumsi buah yang kaya akan kandungan flavonoid.

Nah, pada buah arbei ini terdapat kandungan tersebut, sehingga dengan mengonsumsi buah ini secara rutin maka anda akan terhindar dari risiko terkena penyakit hati.

5. Baik untuk kulit dan wajah

Selain bermanfaat untuk kesehatan, buah arbei juga baik untuk kecantikan terutama untuk kulit dan wajah bila dijadikan masker. Salah satu khasiat buah arbei untuk kulit dan wajah adalah dapat melembabkan kulit, memutihkan kulit kusam dan membuat wajah tampak lebih cantik dan sehat.

6. Menjaga kesehatan gigi dan gusi

Buah arbei kaya akan vitamin C, sehingga buah arbei dipastikan mempunyai manfaat untuk menjaga gigi dan gusi agar tetap sehat. Bahkan selain vitamin C, kandungan kalsium dan fosfor pada buah arbei juga diyakini baik untuk kesehatan gigi dan gusi.

7. Mengobati tumor

Menurut studi yang dilakukan oleh peneliti asal Australia, bahwa buah arbei yang berasal dari negara bagian Queensland merupakan obat tumor. Dimana senyawa yang terdapat pada buah arbei mampu membunuh tumor kepala, leher dan benih tumor.

8. Meredakan gejala diare

Buah arbei mempunyai kandungan fitonutrien yang mampu melindungi tubuh terhadap penyakit seperti diare. Tak hanya itu, buah ini juga bisa melancarkan pencernaan dan mampu mengobati berbagai penyakit perut.

9. Menunda penuan dini

Penuaan dini menjadi satu dari banyak masalah pada kulit yang tidak diinginkan, salah satu penyebabnya yaitu radikal bebas. Untuk mencegah paparan radikal bebas pada kulit, anda butuh makanan yang mengandung antioksidan contohnya buah arbei ini.

10. Melawan penyakit tifus

Tifus adalah salah satu penyakit yang terjadi akibat adanya peradangan pada usus, dan biasanya ditandai dengan demam yang tinggi. Untuk mencegahnya, anda bisa memanfaat buah arbei dengan mengonsumsinya secara rutin sehingga tubuh dapat terbantu dalam melawan penyakit infeksi bakteri tifus itu sendiri.

Baca Juga :  Manfaat Dan Kandungan Buah Frambos

Buah Arbei Untuk Ibu Hamil

Manfaat buah arbei untuk ibu hamil

Bolehkan ibu hamil makan buah arbei? Pada dasarnya buah arbei merupakan jenis dari buah beri-berian. Dimana jenis buah ini termasuk buah yang disarankan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil karena memiliki kandungan nutrisi seperti karbohidrat, vitamin C, folat, hingga flavonoid yang dapat membantu dalam mencukupi kebutuhan nutrisi pada janin.

Itulah beberapa informasi mengenai buah arbei yang meliputi kandungan gizi dan manfaatnya. Semoga saja informasi ini bermanfaat bagi anda.

Related Posts

Buah Arbei : Kandungan Gizi dan Manfaatnya Untuk Kesehatan
4/ 5
Oleh