Saturday, March 2, 2019

Apakah Buah Jamblang Baik Untuk Ibu Hamil?

Buah Jamblang Untuk Ibu Hamil - Saat hamil mungkin sebagian wanita ingin makan makanan tertentu seperti buah jamblang. Namun, masih banyak yang bertanya-tanya apakah buah jamblang itu aman dikonsumsi saat hamil? Jamblang atau disebut juga dengan jambu keling dan duwet adalah sejenis pohon buah yang berasal dari suku jambu-jambuan.

Kandungan nutrisi seperti antioksidan yang tinggi pada buah jamblang membuat buah ini bagus dikonsumsi secara rutin. Jadi, saat hamil pun buah ini masih aman untuk dikonsumsi. Tetapi, harus dengan jumlah porsi yang wajar.


Manfaat Buah Jamblang Untuk Ibu Hamil

Khasiat buah jamblang untuk ibu hamil

Bagi ibu hamil beberapa manfaat yang bisa didapat dari mengonsumsi buah jamblang adalah sebagai berikut ini.

1. Memperkuat tulang

Buah jamblang memiliki kaya akan kandungan kalsium, vitamin C, besi dan kalium yang beperan dalam memperkuat tulang dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu juga nutrisi-nutrisi tersebut baik dalam membantu perkembangan bayi yang akan lahir.

Baca Juga : 5 Manfaat Buah Matoa Untuk Ibu Hamil

2. Melancarkan pencernaan

Meski bentuknya mungil, buah jamblang ini juga sudah banyak digunakan sebagai obat tradisional untuk mengatasi masalah diare dan sakit perut. Jadi, mengonsumsi buah jamblang dapat membantu anda dalam melancarkan pencernaan seingga anda terhindar dari masalah seperti sembelit dan susah buang air besar.

3. Mencegah kanker

Beberapa penelitian medis mengungkapkan bahwa buah jamblang memiliki sifat radioprotective serta chemoprotective yang berkhasiat dalam mencegah radiasi akibat radiasi bebas penhebab kanker. Jadi, mengonsumsi buah jamblang saat masa kehamilan dapat membuat anda terhindar dari kanker.

4. Baik untuk kesehatan gigi dan mulut

Sifat antibakteri dari buah jamblang sangat efektif dalam mengatasi beberapa masalah kesehatan mulut dan gigi. Sehingga, makan beberapa buah jamblang selama masa kehamilan dapat menjaga dari masalah gigi dan mulut yang berbahaya.

5. Mencegah anemia

Buah jamblang juga memiliki kandungan zat besi dan vitamin C yang cukup tinggi. Dimana kandungan tersebut dapat miningkatkan jumlah hemoglobin dalam jumlah besar dan mencegah terjadinya anemia. Sehingga dapat terhindar dari efek samping yang buruk saat masa kehamilan seperti kelelahan.

Baca Juga : 20 Buah Penambah Darah untuk Penderita Anemia

6. Menjaga kesehatan jantung

Pada setiap 100 gram buah jamblang terdapat 55 mg kalium. Kandungan tersebut dapat mengontrol tekanan darah anda secara efektif dan mencegah risiko serangan jantung. Selain itu, kandungan asam ellagic, antosianin dan antosianidin yang ada pada buah jamblang memberikan manfaat kepada anda anti-inflamasi serta tak kalah penting kandungan antioksidan pada buah ini juga dapat mencegah oksidasi kolesterol yang dapat membuat jantung lebih sehat saat hamil.

Larangan Makan Buah Jamblang Saat Hamil

Bahaya buah jamblang untuk ibu hamil

Meskipun memiliki banyak manfaat bagi ibu hamil, untuk menghindari efek samping yang berbahaya dari mengonsumsi buah jamblang sangat tidak disarankan bila anda mengonsumsinya dalam keadaan sebagai berikut.
  • Jangan makan buah jamblang saat perut kosong.
  • Tidak minum susu setelah makan buah jamblang.
  • Jangan makan buah jamblang terlalu banyak atau berlebihan.

Baca Juga : Manfaat Buah Zuriat Untuk Kesehatan dan Promil

Demikianlah ulasan mengenai buah jamblang untuk ibu hamil. Untuk merasakan manfaat dari buah jamblang sangat disarakan mencuci bersih buah jamblang sebelum mengonsumsinya. Semoga informasi ini bermanfaat bagi anda.

Related Posts

Apakah Buah Jamblang Baik Untuk Ibu Hamil?
4/ 5
Oleh